Peluang Usaha Ternak Kambing yang Menguntungkan

Cara ternak kambing yang bagus - Makanan pemangsa rumput ini memang tidak susah untuk dipelihara. Selain itu, nilai jual kambing di kampung juga tidak terlampau rendah, sehingga banyak orang yang lebih menentukan ternak kambing untuk memutar uangnya. Bahkan, tidak sedikit orang yang menilai perjuangan ternak kambing ini sebagai simpanan abad depan loh. Hal ini dikarenakan, ternak kambing sangatlah potensial, ada banyak manfaat yang bisa diambil dari kambing mirip dagingnya, susunya, kulitnya, bahkan kotorannya.

Ternak kambing di kampung skala kecil Img source: bisnisukm2012.blogspot.com

Berat tubuh kambing dalam sehari mampu bertambah kurang lebih 50gr-150gr per hari. Dalam menjalankan usaha ternak kambing ini, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan yakni jenis kambing, kuliner kambing, serta cara pembibitannya. Jika anda menjalankan usaha ternak kambing di tempat perkampungan atau pedesaan tentunya akan terasa amat mudah, alasannya tidak susah untuk menemukan kambing indukan dan juga materi pakannya.

Baca juga postingan ihwal cara ternak Hamster

Modal untuk mengerjakan usaha ternak kambing relatif murah tergantung seberapa banyak kambing yang mau anda ternakkan. Begitupula dengan pengerjaan kandangnya, sebaiknya juga diadaptasi dengan jumlah kambing yang ada. Sebelum melaksanakan usaha ternak kambing, semestinya kita identifikasi apalagi dahulu jenis-jenis kambing yang mampu diternakkan secara skala kecil maupun skala besar, silakan disimak ya :

Buka Rahasia Ternak Kambing yang Menguntungkan

1. Kambing Etawah
Kambing ini memang cukup populer dikalangan banyak peternak kambing, alasannya adalah memiliki bulu yang bersih dan putih, serta ukuran atau bobot tubuhnya yang cukup berat. Kambing Etawah berasal dari India, kambing ini mempunyai panjang pendengaran 30 cm, memiliki bulu yang panjang pada bagian belakang kaki, warna bulunya hitam belang atau coklat putih, bentuk hidungnya melengkung. Tinggi badan untuk kambing jantan yakni 90-127 cm dengan bobot 36 kg-63 kg. Sedangkan untuk yang betina memiliki tinggi tubuh 76-92 cm. Kambing Etawah ini dikenal selaku penghasil susu kambing dengan kapasitas 3 liter per ekor dalam sehari.

2. Kambing Peranakan Etawah (PE)
Kambing ini ialah kambing hasil dari persilangan kambing jenis kacang dengan kambing etawah. Beberapa tanda yang terdapat pada kambing ini adalah berat badannya meraih 40 kg untuk yang jantan, sedangkan yang betina beratnya 35 kg. Kambing ini mempunyai pendengaran dengan panjang 18-30 cm. Untuk kambing jantan mempunyai bulu yang panjang bab atas dan bawah lehernya. Selain itu, kambing yang jantan juga mempunyai bentuk pundak yang berisi. Sedangkan untuk kambing betina hanya bulu pada bagian paha saja yang panjang, sdangkan bulu dibagian yang lain berskala pendek.

3. Kambing Kacang
Kambing ini merupakan jenis kambing orisinil Indonesia. Kambing Kacang memiliki bentuk badan yang kecil dan pendek, telinganya juga pendek, rangka badan yang tegak, bentuk punggung yang tinggi, tetapi lehernya pendek. Berat tubuh kambing kacang yang jantan ialah 25 kg, sedangkan berat bobot kambing betina ialah 20 kg. Kambing ini sering dimanfaatkan dagingnya untuk aneka macam program mirip aqiqah, Idul Adha, dan yang lain.

4. Kambing Merica
Kambing yang satu ini mempunyai bentuk badan yang kurus dan kecil. Kambing Merica masih dianggap sebagai keturunan dari kambing kacang. Kambing merica banyak ditemui di daerah Pulau Sulawesi. Kambing ini mempunyai pendengaran panjang yang terkulai melewati hidungnya.

Contoh kandang kambing. Img source: mtnugraha.wordpress.com

Perhitungan Usaha Ternak Kambing :

Untuk harga 10 bibit anak kambing    : Rp 2.200.000
Pembuatan Kandang dan Peralatan    : Rp 3.500.000
Pakan Hijau    : Rp 50.000 / Bulan
Pakan Konsetrat    : Rp 130.000/Bulan
Gaji Pegawai    : Rp 700.000/bulan
Pengeluaran Awal Bulan    : Rp 6.580.000
Pengeluaran untuk 8 Bulan    : 8 x Rp 880.000 = Rp 7.040.000
Total Pengeluaran Selama 9 Bulan    : Rp 6.580.000 + 7.040.000 = Rp 14.620.000
Harga Jual Kambing usia 9 Bulan    : Rp 1.800.000 per ekor x 10 ekor = Rp 18.000.000
Keuntungan yang anda dapatkan    : Rp 18.000.000-14.620.000 = Rp 3.380.000 per 9 Bulan

Ini hanyalah perhitungan minimal laba yang mampu anda dapatkan. Karena dalam satu periode lazimnya kambing akan bertambah lebih banyak. Peluang usaha ternak kambing memang sungguh menguntungkan, namun disamping manfaatnya anda juga mesti memperhatikan kesehatan kambing biar harga jualnya juga tidak jatuh.
Jatilengger TV Assalamu'alaikum wr. wb. Hello, how are you? Introducing us Jatilengger TV. The author, who is still a newbie, was born on January 16, 1989 in Blitar and is still living in the city of Mendoan. About starting this blog, it started with a passion for writing fiction, which eventually had to be written down in a scribble or note to immortalize it. Which is then able to pour ideas on this blog. All of that, of course, really hope to be useful for readers everywhere. I currently work as an entrepreneur in Blitar, East Java. On the sidelines of busyness, I try to write and share through blogs. For cooperation, of course, I really accept forms of cooperation such as: Advertisement, Product Review, Event Collaboration, and others. That's a short profile about myself, I hope you like to visit my blog. Thank you. :) Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 Response to "Peluang Usaha Ternak Kambing yang Menguntungkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel