Peluang Usaha Ternak Lovebird Lutino Menjanjikan

Peluang Usaha Ternak Lovebird Lutino Menjanjikan - Belakangan ini timbul jenis burung yang unik dengan warna bulunya yang sungguh canti, burung ini disebut lovebird. Dari namanya saja sudah terdengar sungguh lucu, apalagi melihat bentuknya. Dinamakan lovebird sebab burung ini ialah jenis burung monogamy atau sungguh setia pada pasangannya. Makanan lovebird tidak terlalu susah untuk ditemukan adalah berupa serangga dan juga buah ara. Selain itu, usia lovebird mencapai 10 hingga 15 tahun.

Burung Lovebird Lutino Mata Merah. Img source: jualburunglovebird.com


Sekarang ini, hampir disetiap penjual burung terdapat jenis burung lovebird dengan banyak sekali warna yang mempesona. Hal ini menerangkan bila potensi perjuangan ternak lovebird sangatlah elok. Harga jualnya pun relatif stabil, sehingga sangat sesuai untuk banyak sekali kelompok. Lovebird memiliki sifat yang condong bernafsu, kerap kali sering menggigit. Maka dari itu, sebaiknya biasakan untuk memberi sentuhan yang lembut pada lovebird yang anda miliki supaya mereka terbiasa nantinya.

Lovebird tidak mampu dikawinkan dengan paksa, jadi nantinya anda siapkan sangkar berukuran besar dan lepaskan semua lovebird di dalam kandang tersebut. Setelah itu, biarkan lovebird mencari pasangannya sendiri. Setelah anda memperoleh lovebird yang terlihat berpasangan, secepatnya pindahkan ke sangkar yang berlawanan untuk proses perkawinan.

Contoh Kandang Burung LoveBird. Img source: jualbeliburung.com

Buatlah kandang berukuran panjang 150 cm dan lebar 100 cm. Dan di dalam sangkar dilengkapi dengan papan untuk bertelur. Ukuran papan panjang (20-25 cm) x lebar (20-25 cm) x tinggi (15-20 cm). Buatlah sarang dari jerami agar terasa hangat untuk bertelur. Selama proses perkawinan berjalan, letakkan kandang ditempat yang damai.

Peluang Usaha Ternak Lovebird Lutino Mata Merah


Burung lovebird akan siap kawin pada saat berusia 8 bulan. Biasanya, telur burung lovebird tidak menetas secara serempak. Telur-telur tersebut akan menetas satu per satu, jeda waktu penetasan telur ialah selang 2 hari. Telur lovebird akan menetas pada hari ke 21 terhitung semenjak hari pertama telur dierami oleh induknya.

Ketika telur telah menetas dan anakan sudah berusia lebih dari 2 ahad seharusnya segera disapih atau pisahkan dengan indukannya. 1 bulan sehabis menyapih anakan, maka sang indukan sudah bisa dikawinkan lagi.

Sedangkan untuk pakannya berbentukjagung dan milet. Dana yang harus anda keluarkan untuk 10 pasang lovebird yakni sekitar Rp 200.000 per bulan untuk pembelian jagung dan miletnya ini. Bayi lovebird yang tadi telah disapih, seharusnya ditempatkan di dalam kandang berukuran panjang dan lebar 30 cm dan tingginya 40 cm. Supaya suhu sangkar tetap hangat maka pasanglah lampu.

Sedangkan masakan untuk bayi lovebird yaitu milet merah 2 kg, milet putih 2 kg, kenari seed 1kg dan kuaci 1 ons. Cara menjadikannya, haluskan semua materi tersebut dengan cara diblender sampai halus. Encerkan bahan masakan tersebut dengan air agar mudah dicerna oleh bayi lovebird. Berilah kuliner ini dengan takaran setiap 2 jam sekali dengan memakai sendok kecil. Ketika peranakan lovebird sudah berumur 1 bulan maka penyuapan hanya dilaksanakan 1 kali dalam sehari.

Jemur setiap pagi kisaran jam 07.00- 09.00 dimana matahari pagi mampu menawarkan vitamin D yang baik untuk kesehatan burung. Kendala yang sering ditemui saat melaksanakan ternak lovebird ini yakni serangan tikus, binatang kecil yang mengusik, dan juga anakan yang sering mati saat masih berusia kurang dari 1 bulan. Maka dari itu, asupan makanannya harus sungguh diperhatikan biar lovebird bisa berkembang dengan sehat.

Nah..ketika berumur 40 hari maka lovebird telah siap dijual. Harga lovebird per-ekornya kurang lebih Rp 350.000, kalau dalam sebulan anda mampu menjual 10 ekor lovebird berarti omset yang anda peroleh Rp 350.000 x 10 = Rp 3.500.000.

Peluang usaha ternak lovebird lutino ini sungguh prospektif, bertambah banyak lovebird yang anda ternakkan maka akan bertambah banyak lovebird yang bisa dijual dan semakin besar pula laba yang anda peroleh.
Jatilengger TV Assalamu'alaikum wr. wb. Hello, how are you? Introducing us Jatilengger TV. The author, who is still a newbie, was born on January 16, 1989 in Blitar and is still living in the city of Mendoan. About starting this blog, it started with a passion for writing fiction, which eventually had to be written down in a scribble or note to immortalize it. Which is then able to pour ideas on this blog. All of that, of course, really hope to be useful for readers everywhere. I currently work as an entrepreneur in Blitar, East Java. On the sidelines of busyness, I try to write and share through blogs. For cooperation, of course, I really accept forms of cooperation such as: Advertisement, Product Review, Event Collaboration, and others. That's a short profile about myself, I hope you like to visit my blog. Thank you. :) Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 Response to "Peluang Usaha Ternak Lovebird Lutino Menjanjikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel