Seluk Beluk Ternak Burung Kenari Untuk Pemula Yang Ingin Sukses

Ternak Burung Kenari - mempunyai bentuk yang sungguh manis, disamping itu kicauannya pun terdengar sangat nyaring. Burung kenari f1 ini sangat cocok buat anda yang gemar mengikuti pameran atau kontes kicau burung. Bahkan, ada juga loh komunitas khusus untuk pecinta burung kenari. Memang tidak bisa diragukan lagi jika burung ini memiliki peminat yang sungguh tinggi dari berbagai kalangan dan usia, baik pria ataupun perempuan. Untuk perawatan burung kenari ini juga tidak terlalu sukar, harganya pun relatif terjangkau.

Tips agar burung kenari cepat kawin Img Source: www.gacormania.com

Selain di Indonesia, burung kenari ini juga banyak ditemukan di negara yang lain mirip Italia dan Spanyol. Kedua negara ini merupakan pelopor adanya peternakkan burung kenari sampai menyebar ke Indonesia. Peluang usaha ternak kenari memang sangat menguntungkan di Indonesia, apalagi peminatnya sungguh banyak. Burung kenari sendiri mempunyai banyak jenis, ialah : Border, Cinnamon, Gloster, Norwich, Yorkshire, dan lainnya. Namun, jenis burung kenari yang paling favorit yakni jenis border.

Peluang Usaha Ternak Kenari Yang Baik dan Benar

Berikut ini beberapa hal yang mesti anda perhatikan dalam melaksanakan perjuangan ternak kenari :

1. Tempat atau Lahan
Pastikan anda mempunyai lahan yang sempurna dan jauh dari hiruk pikuk untuk ternak burung kenari. Hal ini dikarenakan, bila tempatnya terlalu ramai dikhawatirkan burung kenari akan menjadi frustasi. Siapkan kandang yang dilengkapi dengan tempat minum, sarang yang terbuat dari jerami dan juga kawasan pijakan.

Bentuk kandang burung kenari. Img source: contohpengertian.com

2. Pemilihan Indukan
Supaya mendapakan anak kenari yang mempunyai mutu yang elok, maka pilihlah indukan yang unggul. Anda mampu melihat dari postur tubuhnya, nafsu makan, mata dan juga kicauannya.

3. Pemeliharaan Telur
Burung kenari betina mampu bertelur sebanyak 3-6 butir setiap kali bertelur. Namun, memang tidak semua telur burung kenari bisa menetas secara bersama-sama. Maka dari itu, amati tingkat kehangatan kandang, dan juga jauhkan dari kebisingan biar burung tidak stress pada dikala mengerami telurnya.

Jika anda lihat disetiap pasar burung, niscaya ada saja yang menjual burung kenari. Hal ini dikarenakan ajakan akan burung kenari cukup tinggi. Nah..pada potensi kali ini, aku akan menunjukkan analisa perkiraan usaha ternak burung kenari :

Pembelian Sangkar            = Rp 45.000
1 Pasang indukan burung kenari        = Rp 800.000
Ini ialah modal tetap dengan total Rp 845.000
Pengeluaran :
Biaya untuk pembelian pakan milet 7 kg x Rp 8000    = Rp 56.000
Pakan yang lain selama satu tahun            = Rp 20.000
Harga telur puyuh untuk selama 1 tahun        = Rp 25.000
Jumlah Pengeluaran                    = Rp 101.000
Total modal yang harus dikeluarkan = Rp 845.000 + 101.000 = Rp 946.000

Pada lazimnya dalam satu tahun kenari mampu bertelur sebanyak 6 kali dan sekali bertelur mampu menciptakan 4 telur. Berarti jumlah telur yang dihasilkan dalam setahun ada 24 butir telur.
Anak kenari sudah mampu dijual pada saat berusia 2 bulan dengan harga Rp 160.000 per ekornya.

Berarti keuntungan yang anda dapatkan selama satu tahun    = Rp 160.000 x 24 = Rp 3.840.000
Keuntungan yang anda dapatkan = Rp 3.840.000 – Rp 946.000 = Rp 2.894.000

Perhitungan diatas hanyalah perhitungan secara kasar saja. Semakin banyak burung kenari yang anda kawinkan maka akan bertambah banyak telur yang dihasilkan. Selain itu, akan kian banyak pula burung kenari yang bisa anda jual sehingga laba yang anda dapatkan juga semakin besar.

Peluang perjuangan ternak burung kenari sangatlah gampang. Modal yang diharapkan juga tidak terlampau besar, kandangnya pun bisa anda letakkan di rumah anda sehingga tidak terlalu memakan banyak daerah. Semoga dengan adanya info ini mampu bermanfaat untuk anda yang ingin sekali mengerjakan perjuangan ternak kenari, selamat menjajal .
Jatilengger TV Assalamu'alaikum wr. wb. Hello, how are you? Introducing us Jatilengger TV. The author, who is still a newbie, was born on January 16, 1989 in Blitar and is still living in the city of Mendoan. About starting this blog, it started with a passion for writing fiction, which eventually had to be written down in a scribble or note to immortalize it. Which is then able to pour ideas on this blog. All of that, of course, really hope to be useful for readers everywhere. I currently work as an entrepreneur in Blitar, East Java. On the sidelines of busyness, I try to write and share through blogs. For cooperation, of course, I really accept forms of cooperation such as: Advertisement, Product Review, Event Collaboration, and others. That's a short profile about myself, I hope you like to visit my blog. Thank you. :) Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 Response to "Seluk Beluk Ternak Burung Kenari Untuk Pemula Yang Ingin Sukses"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel