Peluang Usaha Ternak Puyuh Buat Pemula Laba Besar

Cara Ternak Burung Puyuh - Mungkin anda telah tidak gila lagi mendengar nama burung puyuh. Yupss..burung yang populer dengan telurnya yang lezat ini ternyata juga memiliki daging yang lezat untuk disantap. Maka dari itu, alasannya adalah kelezatan telur dan dagingnya inilah usaha ternak puyuh sangat memiliki potensi untuk terus dikembangkan, apalagi makin hari semakin tinggi seruan akan kebutuhan telur puyuh ini. Bahkan, sekarang ini permintaan telur puyuh sangat tinggi untuk kawasan Jabodetabek.

Ternak Burung Puyuh? Why not.... Img source: duniaternak.com

Bayangkan saja, untuk wilayah Jabodetabek membutuhkan pasokan telur puyuh sebanyak 13 juta butir, namun jumlah pasokan yang tersedia hanyalah 3,5 juta. Tentunya masih diharapkan aneka macam supplier telur puyuh untuk memenuhi ajakan telur puyuh di kawasan Jabodetabek, dan bisa dikatakan pasar untuk puyuh ini masih terbuka sangat lebar buat anda yang gres memulainya. Bukan itu saja, setiap tahunnya harga puyuh juga mengalami kenaikan, sehingga keuntungan yang anda peroleh juga semakin bertambah loh.

Simak Juga seluk beluk ternak burung Kenari

Peluang Usaha Ternak Puyuh Berlaba Besar

Bukan hanya telur dan dagingnya saja yang bisa dimanfaatkan, kotoran puyuh juga mampu dimanfaatkan untuk pembuatan pupuk sangkar. Sedangkan bagian bulunya mampu dibuat kemoceng ataupun alat pembersih yang lain yang berbahan dasar bulu. Sehingga anda mampu menerima keuntungan dari setiap faedah yang dihasilkan oleh puyuh.

Selain itu, untuk melaksanakan ternak puyuh tidak diharapkan lahan yang luas sebab ukuran badan puyuh relatif kecil. Untuk 1000 ekor puyuh anda bisa menggunakan lahan berukuran 12 m2 saja. Maka dari itu, bisa dikatakan bila ternak puyuh tidak terlalu makan tempat, anda bisa memanfaatkan lahan yang tidak terpakai di rumah anda.

Berikut ini beberapa langkah dalam beternak puyuh, silakan disimak :

1. Penyiapan Kandang
Pilihlah lahan yang jauh dari pemukiman warga tetapi pastikan juga tidak terlalu jauh dari rumah anda sehingga tidak terlalu merepotkan untuk angkutandan juga penjualannya. Buatlah dinding pembatas memakai kawat, sehingga terhindar dari ganguan hewan yang lain. Pastikan juga posisi kandang bisa dilewati sinar matahari, sehingga kandang terasa lebih hangat secara alami. Bukan itu saja, tentukan juga sirkulasi udara di dalam kandang dapat berlangsung dengan baik.

COntoh gambar sangkar Puyuh. Img source: puyuhjaya.wordpress.com

2. Memilih Bibit Puyuh
Dalam penyeleksian bibit puyuh, anda bisa pilih tergantung dari tujuan anda beternak puyuh :

- Bibit Puyuh Pedaging
Bibit puyuh ini bermaksud untuk diambil dagingnya. Pilihlah puyuh yang pejantan alasannya mempunyai daging yang lebih tebal dan empuk.

- Bibit Puyuh Petelur
Pilihlah bibit puyuh betina dari ketam betina yang terbebas dari penyakit. Selain itu, pastikan juga bagian tubuhnya tidak ada yang cacat.

3. Pemeliharaan dan Perawatan
Bersihkan sangkar puyuh secara rutin. Anda bisa pisahkan kotoran puyuh di daerah yang berbeda, nantinya kotoran puyuh ini bisa dijadikan pupuk kompos. Selain itu, dengan senantiasa menjaga kebersihan sangkar, maka puyuh akan terhindar dari wabah penyakit.

4. Melihat Kondisi Puyuh
Jika puyuh anda mengalami kondisi yang menurun seperti malas bergerak atau bahkan mati secara tiba-tiba. Anda mampu melapor ke dinas setempat supaya kawasan ternak anda mampu secepatnya diperiksa dan bisa dipastikan apakah puyuh anda terkena wabah penyakit atau tidak.

5. Pemberian Pakan Puyuh
Untuk pakan puyuh ini berbentukpalet dan ada juga yang berupa seperti tepung. Untuk dukungan pakan pada anak puyuh mampu dilakukan 2 kali dalam sehari. Sedangkan untuk puyuh yang telah cukup umur anda cukup memperlihatkan makan satu kali saja dalam sehari. Sedangkan untuk minumnya bisa anda berikan terus menerus.

Peluang perjuangan ternak puyuh ini mampu dikerjakan oleh siapa dan tidak terlampau menguras waktu dan tenaga. Namun, yang paling penting perhatikan keadaan puyuh supaya mampu menghasilkan telur dan daging puyuh yang bermutu.
Jatilengger TV Assalamu'alaikum wr. wb. Hello, how are you? Introducing us Jatilengger TV. The author, who is still a newbie, was born on January 16, 1989 in Blitar and is still living in the city of Mendoan. About starting this blog, it started with a passion for writing fiction, which eventually had to be written down in a scribble or note to immortalize it. Which is then able to pour ideas on this blog. All of that, of course, really hope to be useful for readers everywhere. I currently work as an entrepreneur in Blitar, East Java. On the sidelines of busyness, I try to write and share through blogs. For cooperation, of course, I really accept forms of cooperation such as: Advertisement, Product Review, Event Collaboration, and others. That's a short profile about myself, I hope you like to visit my blog. Thank you. :) Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 Response to "Peluang Usaha Ternak Puyuh Buat Pemula Laba Besar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel