Memulai Peluang Usaha Budidaya Udang Galah yang Cukup Berpotensi

Selain membudidayakan jenis udang biasa, sekarang masyarakat sudah mulai mencoba peluang perjuangan budidaya udang galah. Salah satu jenis udang yang memang saat ini memiliki peluangbisnis yang cukup baik. Jika ketimbang udang biasa, udang galah ini ternyata memperlihatkan laba yang lebih besar. Hal ini dibuktikan dengan kian meningkatnya undangan masyarakat akan udang galah yang semakin hari makin bertambah, baik undangan dari masyarakat setempat ataupun usul yang datang dari luar negeri.

Budidaya Udang Galah. Img source: www.bibitikan.net

Prospek bisnis budidaya udang galah ini cukup cerah kedepannya, karena jika ketimbang ikan air tawar lainnya, harga udang galah relatif lebih tinggi. Apalagi jenis udang ini juga banyak diimpor ke mancanegara seperti ke Jepang dan juga beberapa negara dari benua Eropa. Dengan demikian, sepertinya tak ada salahnya jikalau Anda mempelajari dan mencoba usaha budidaya udang galah ini.

Tips Membuka Peluang Usaha Budidaya Udang Galah untuk Pemula

Untuk melaksanakan budidaya jenis udang yang satu ini, Anda memerlukan sebuah kolam. Di negara Indonesia sendiri bisnis ternak atau budidaya udang galah ini sudah mulai marak dikerjakan oleh para pebisnis. Anda bisa memperoleh banyak pebisnis budidaya udang galah yang sudah sukses di beberapa kawasan di Pulau Jawa dan Pulau Bali. Akan tetapi untuk mendukung keberhasilan usaha yang Anda lakukan, Anda mesti mengetahui beberapa wawasan dasar apalagi dulu dan juga mengetahui tahapan-tahapan saja yang perlu Anda lakukan. Nah, berikut ini yaitu tahapan-tahapan permulaan yang bisa Anda kerjakan untuk melakukan usaha budidaya udang galah.

Lihat Juga artikel menarik yang lain: Budidaya Ikan lele Sangkuriang

1.    Lokasi
Sebelum mengawali perjuangan budidaya Anda, maka Anda juga mesti membangun atau menciptakan wadah yang menyanggupi agar udang galah mampu tumbuh dengan baik. Syaratnya, Anda harus berada di tempat yang bebas dari banjir dan juga pencemaran air. Tanah yang digunakan pun mesti teruat dari tanah liat berpasir dengan ketinggian 0-700 meter dpl.

2.    Bahan dan Alat
Selanjutnya Anda juga harus menyediakana tau menyiapkan beberapa materi dan alat. Untuk itu, persiapkanlah alat pengangkut benih, ember, ayakan halus yang teruat dari kain, cangkul, serok, seser, dan timbangan. Jika telah, lanjutkan ke tahapan berikutnya.

3.    Air
Yang tak kalah penting selanjutnya yakni cara pengelolaan airnya, alasannya adalah tak bisa dibantah bagi udah galah air yakni media yang sanagt penting. Namun demikian jika Anda menggunakan bak yang tidak mengalir, tentukan Anda selalu memerika mutu airnya selama satu bulan sekali. Anda harus melaksanakan penggantian air kurang lebih sebanyak 30-50 persen airnya tiap bulan.

4.    Hama dan Penyakit
Sama seperti tanaman, memelihara udang galah pun ternyata juga rentan dengan hama dan juga penyakit yang bia meruak hasil panen udang Anda. Yang paling sering mengganggu yaitu ikan liar yang lazimnya masuk tanpa sengaja ke kolam Anda dan tentunya akan memangsa udang-udang galah yang Anda ternak.

5.    Panen
Dan yang terakhir adalah memperhitungkan periode panen dan jumlah panennya. Untuk udang galah sendiri, biasanya akan mulai mampu dipanen ketika udang telah berusia 4-6 bulan atau lebih, tergantung dengan kebutuhan pelanggan. Biasanya udang gres mampu mulai dijual dikala beratnya telah mencapai 20-25 gram per ekor.

So, itu tadi yakni penjelasan singkat kami mengenai beberapa tips mengawali peluang perjuangan budidaya udang galah. Semoga Anda terinspirasi, selamat mencoba dan biar berfaedah.

Jatilengger TV Assalamu'alaikum wr. wb. Hello, how are you? Introducing us Jatilengger TV. The author, who is still a newbie, was born on January 16, 1989 in Blitar and is still living in the city of Mendoan. About starting this blog, it started with a passion for writing fiction, which eventually had to be written down in a scribble or note to immortalize it. Which is then able to pour ideas on this blog. All of that, of course, really hope to be useful for readers everywhere. I currently work as an entrepreneur in Blitar, East Java. On the sidelines of busyness, I try to write and share through blogs. For cooperation, of course, I really accept forms of cooperation such as: Advertisement, Product Review, Event Collaboration, and others. That's a short profile about myself, I hope you like to visit my blog. Thank you. :) Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 Response to "Memulai Peluang Usaha Budidaya Udang Galah yang Cukup Berpotensi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel