Prospek Cerah Usaha Ternak Ayam Serama

Bagi Anda yang menyukai jenis ayam serama, mungkin Anda juga harus mengetahui bahwa ternyata kesempatan perjuangan ternak ayam serama harapan kedepannya cukup cerah. Bagi Anda para penggemar ayam, mungkin Anda telah tidak abnormal lagi dengan jenis ayam yang satu ini. Ayam serama sendiri telah sangat terkenal di penduduk .

Ayam serama/kate. Img source: www.istorya.net

Hewan unggas berbentuk mungil dan suka berlenggok layaknya model di atas catwalk ini adalah salahs atu jenis binatang peliharaan yang juga cocok untuk diternakkan. Bukan hanya alasannya huruf ayamnya yang mempesona saja, namun ternyata kesempatan manfaatnya juga cukup prospektif. Bahkan beberapa pebisnis peternakan ayam serama ini mampu menciptakan laba sekitar Rp 15 juta – Rp 20 juta setiap bulannya. Luar biasa, bukan? Nah, pada postingan kali ini kami akan memberikan sedikit kiat bagi Anda yang tertarikuntuk melaksanakan budidaya ayam serama ini.

Tips Memulai Peluang Usaha Ternak Ayam Serama untuk Pemula


Perlu Anda perhatikan bahwa mungkin postur tubuh ayam serama ini memang seperti dengan ayam kate. Akan tetapi, Anda dihentikan salah sangka atau salah pilih sebab kedua jenis ayam ini terperinci berbeda. Jika dilihat dari penampilan dan juga bentuk tubuhnya, Anda akan melihat beberapa perbedaan jikalau ayam serama dijejerkan dengan ayam kate. Ayam serama ini akan mulai kawin kalau ayamnya sudah berumur lebih dari 4 – 5 bulan. Meskipun pada usia tersebut ayam telah masuk ke dalam kategori akil balig cukup akal, tetapi ayam serama yang sudah siap kawin dan berkembangbiak yakni yang umurnya telah lebih dari 5 bulan.

Nah, bagi Anda yang ingin memulai bisnis dengan prospek cerah ini, Anda memang akan menemukan beberapa tantangan alasannya pada umumnya beternak ayam serama memang sedikit lebih sukar dibandingkan dengan beternak jenis ayam yang lain. Salah satu kesulitan yang bahkan juga dialami oleh ayam serama itu sendiri ialah ukuran kakinya yang cukup pendek. Hal tersebut bisa mengakibatkan ayam jantan agak mengalami kesusahan saat mengawini betina. Maka dari itu dikala ingin mengawinkan pejantan dengan betina, lazimnya peternak harus membantu memegangi ayam betinanya. Ayam serama sendiri akan mulai berguru kawin semenjak usia 3 bulan, dan pada usia remaja antara 4-5 bulan, ayam pejantan bahkan biasanya akan mengawini ayam betina sebanyak 6-8 kali dalam sehari.

Melatih Ayam Serama Agar Bisa Berdiri Tegak

Karena kakinya yang pendek sering kali ayam ini kesulitan untuk berdiri tegak, nah ada kiat nih semoga ayam serama mampu bangun tegak, simak uraiannya berikut ini:

Langkah pemijatan ayam serama. Img source: pesonaserama.blogspot.com

Dengan cara pemijatan - gbr.1 Tentu saja tujuanya untuk melemaskan otot-otot supaya tidak kaku, pertama silahkan masukka ibu jari dan telunjuk disela-sela pangkal sayap, tarik ke dalam dan tahan.
gbr.2 Jari tengah menopang dada ayam bab bawah kemudian angkat.
gbr.3 Langkah berikutnya pemijatan pada bagian leher bawah belakang. Proses pemijatan ini sebaiknya dikerjakan dengan posisi kepala ayam menghadap kedepan semoga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan misalnya terkilir. Nah kerjakan pemijatan ini 15 - 20 menit setiap harinya.
Lakukan juga pemijatan pada bagian dada, tujuanya agar si ayam dadanya bisa membusung

Sangkar kawat. Img source: pesonaserama.blogspot.com

Sangkar Kawat - Dengan sangkar ini diharapkan ayam serama untuk senantiasa berdiri tegak dengan mengkondisikan pakan ayam dan minumanya setinggi ayam pada ketika bangun tegak. Lakukan hal ini dari pagi sampai sore.

Dengan Tehnik Unthulan - Merupakan tehnik lawas tetapi tidak mengecewakan efektif, caranya yakni dengan meletakkan ayam serama pada sangkar kawat lalu taruhlah ayam serama lainnya diluar sangkar atau bisa juga diatas sangkar biar mampu memancing nalurinya untuk selalu berusaha bangkit.

Selain itu yang perlu Anda perhatikan juga yakni faktor kesehatan ayamnya yang bertujuan untuk menjaga dan memajukan kesuburan ayam. Ada beberapa faktor yang umumnya akan memengaruhi kesehatan ayam, yakni suhu lingkungan dan juga kuliner. Maka dari itu usahakan sangkar ayamnya tetap berada dalam suhu yang tidak terlampau hambar alasannya mampu menurunkan tingkat kesuburannya. Ayam serama ini juga membutuhkan vitamin E selaku tambahan makanan khususnya ialah jangkrik dan juga tauge.

Kemudian dalam penetasan telur ayam serama, ada juga dua hal yang mesti Anda amati, adalah suhu dan juga kelembaban lingkungan. Suhu ideal untuk penetasannya yaitu antara 37,5-38 derajat Celsius. Jika suhu telah ideal, amati juga kelembaban lingkungannya. Jika ruangan menjadi kering, maka cangkang telur akan semakin mengeras dan akan kian sulit menetas. Hal ini mampu menyebabkan anak ayam yang ada di dalam telur akan mati.

Bagaimana? Menarik dan cukup mudah kan untuk mengawali peluang usaha ternak ayam serama? So, agar Anda mampu mengikuti beberapa anjuran sederhana yang tadi kami berikan. Sekian postingan kali ini dan agar berguna.
Jatilengger TV Assalamu'alaikum wr. wb. Hello, how are you? Introducing us Jatilengger TV. The author, who is still a newbie, was born on January 16, 1989 in Blitar and is still living in the city of Mendoan. About starting this blog, it started with a passion for writing fiction, which eventually had to be written down in a scribble or note to immortalize it. Which is then able to pour ideas on this blog. All of that, of course, really hope to be useful for readers everywhere. I currently work as an entrepreneur in Blitar, East Java. On the sidelines of busyness, I try to write and share through blogs. For cooperation, of course, I really accept forms of cooperation such as: Advertisement, Product Review, Event Collaboration, and others. That's a short profile about myself, I hope you like to visit my blog. Thank you. :) Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 Response to "Prospek Cerah Usaha Ternak Ayam Serama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel