Tips Sederhana Bagi Peminat Peluang Usaha Ternak Ayam Pelung

Bagi Anda yang ingin mendapatkan ayam yang handal dalam pertarungan, cobalah untuk mengawali peluang usaha ternak ayam pelung. Pasalnya daripada mesti melaksanakan persilangan untuk menerima ayam yang handal dan tangguh, salah satu jenis ayam di Indonesia ini ternyata menjadi kesempatan usaha yang cukup potensial dan cukup banyak diminati masyarakat.

Cara Ternak Ayam Pelung. Img source: peternakantasik.blogspot.com

Perlu Anda ketahui bahwa tanpa mesti melaksanakan persilangan, ayam pelung dengan mutu super yang kemampuannya telah terlatih bahkan harganya pun tidak coba-coba. Untuk satu ekor ayam pelung dengan mutu super, ayam bisa dibandrol dengan harga hingga Rp 20 juta atau lebih. Itu ia argumentasi mengapa prospek bisnis membudidayakan atau beternak ayam pelung ini cukup cerah kedepannya. Apalagi jenis ayam pelung ini yakni salah satu ayam khas Indonesia yang harganya cukup tinggi.

Simak juga artikel tentang Cara Budidaya Ayam Petelur Sukses

Langkah Awal Menjalankan Peluang Usaha Ternak Ayam Pelung

Mengapa harga ayam pelung bisa semahal itu? Apakah yang membuat ayam pelung begitu Istimewa? Bagi para pencinta ayam, tentu sudah tidak gila dan Anda juga pasti telah tahu alasan mengapa ayam pelung ini dihargai sangat mahal. Hal ini dikarenakan ayam pelung mempunyai beberapa perbedaan dan keunggulan jika dibandingkan dengan ayam kampung lazimnya .

Salah satunya adalah dari aspek bunyi, alasannya adalah kokok-kan ayam ini begitu panjang dan berlawanan dengan ayam kampung kebanyakan. Itu dia mengapa jenis ayam pelung ini sering dipakai untuk kompetisi antar ayam pelung. Selain itu badannya juga tampaklebih besar dan lebih gagah dibandingkan dengan ayam kampung biasa. Daya tahan badan ayam pelung juga lebih berpengaruh dan lebih baik sehingga tidak mudah terkena penyakit. Nah, berikut ini yaitu beberapa tips sederhana bagi Anda yang ingin mengawali perjuangan ternak ayam pelung.

1.    Indukan Unggul
Jika Anda menginginkan ayam pelung dengan mutu yang bagus, maka Anda juga mesti menerima anakan ayamnya dari indukan yang unggul. Anda bisa mengusahakan mencari jenis indukan yang sudah sering dikompetisikan dan menjadi juara. Dengan demikian anakan ayam telah punya bekal yang diturunkan dari induknya. Anda pun tidak akan terlalu kesulitan dalam melatihnya.

2.    Nutrisi yang Cukup
Ayam juga memerlukan nutrisi dan kebutuhan yang cukup untuk bisa selalu sehat. Untuk mampu menjaga mutu otot dan juga mutu bunyi kokokkan dari ayam pelung ini, Anda membutuhkan protein dari daging mentah untuk konsumsi ayam pelung. Selain itu untuk mempertahankan kualitas suaranya, ayam pelung juga membutuhkan asupan kacang-kacangan dan juga pisang kapok.

3.    Kebersihan Ayam dan Lingkungan
Ayam pelung ini tergolong salah satu ayam yang cukup sensitif kepada lingkungan dan keadaan yang kotor. Maka dari itu untuk menciptakan ayam pelung merasa nyaman, Anda harus selalu rutin membersihkan kandangnya, memandikannya, dan menjemur ayam pelung di pagi hari agar mutu suaranya tetap tersadar.

4.    Mengawinkan Ayam
Cara mengawinkan ayam ini ialah dengan memisahkan pejantan serta betina dalam kandang yang berbeda. Biarkan ayam-ayam ini saling tertarik satu sama lain. Jika telah ada gejala saling kepincut dan juga interaksi antara ayam pejantan dan betina, barulah Anda satukan kedua ayam tersebut dalam satu sangkar untuk melaksanakan perkawinan.

Nah, itu tadi yaitu sedikit kiat yang mampu kami berikan tentang cara mengawali peluang usaha ternak ayam pelung. Dan tak bisa dipungkiri harapan ternak ayam pelung ini cukup cerah kedepannya. So, selamat menjajal dan supaya sukses. 
Jatilengger TV Assalamu'alaikum wr. wb. Hello, how are you? Introducing us Jatilengger TV. The author, who is still a newbie, was born on January 16, 1989 in Blitar and is still living in the city of Mendoan. About starting this blog, it started with a passion for writing fiction, which eventually had to be written down in a scribble or note to immortalize it. Which is then able to pour ideas on this blog. All of that, of course, really hope to be useful for readers everywhere. I currently work as an entrepreneur in Blitar, East Java. On the sidelines of busyness, I try to write and share through blogs. For cooperation, of course, I really accept forms of cooperation such as: Advertisement, Product Review, Event Collaboration, and others. That's a short profile about myself, I hope you like to visit my blog. Thank you. :) Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 Response to "Tips Sederhana Bagi Peminat Peluang Usaha Ternak Ayam Pelung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel