Yuk, Coba Peluang usaha Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal

Seiring dengan berjalannya waktu, tak bisa dipungkiri bahwa potensi perjuangan budidaya ikan gurame sudah menjadi salah satu kesempatan bisnis yang cukup prospektif. Belum lagi ikan gurame ini juga menjadi salah satu hidangan kuliner yang sungguh disukai oleh penduduk , baik di kedai makanan-restoran besar atau warung-warung pinggir jalan. Belum lagi di Indoensia sendiri, kebutuhan ikan selalu menigkat setiap tahunnya. Nah, hal inilah yang membuat bidudaya atau ternak ikan gurame ini menjadi salah satu bisnis yang cerah kesempatan kedepannya. Untuk itu, pada postingan kali ini kami akan membagikan sedikit berita tentang bagaimana cara memulai perjuangan budidaya ikan gurame ini bagi Anda para pemula.

Gambar Ikan Gurame. Img source: gambarikangurame.blogspot.com

Peluang Usaha Budidaya Ikan Gurame di Masyarakat

Untuk memulai usaha gurame ini, Anda tidak memerlukan modal yang besar di permulaan usaha Anda. Bahkan dengan modal kecil pun Anda tetap mampu memulai bisnis budidaya gurame ini, asalkan Anda mempunyai ketekunan dan keuletan untuk mengorganisir budidaya ikan dengan baik. Bisnis ini adalah bisnis yang terbuka bagi siapapun, terutama bagi Anda yang memang tertarik dalam bidang pembudidayaan ikan.

Nah, yang paling sering dilaksanakan adalah membudidayakan ikan gurame dengan memakai kolam terpal. Jenis kolam ini ialah kolam yang cukup terjangkau, dan proses pembuatannya pun gampang. Apalagi bagi Anda yang tidak mempunyai ruangan yang cukup untuk menyediakan bak lain seperti bak beton/tembok, dan bak dari tanah galian.

Bagaimana cara pengerjaan bak terpal untuk ikan gurame? Secara biasa ada dua jenis atau tipe kolam gurame yang mampu Anda buat. Yang pertama adalah dengan menggali tanah terlebih dulu, kemudian setelah itu baru dipasangi terpal pada galian tanahnya. Kedalaman galian tanah tersebut biasanya sekitar 90 cm. Cara kedua ialah dengan meletakkan terpalnya di atas permukaan tanah, tanpa perlu menggali tanah apalagi dulu sebelumnya. Kolam nantinya dibuat mirip kolam dengan menggunakan rangka yang yang dibuat dari besi, kayu atau bambu.

Gambar Kolam Ikan Gurame menggunakan Terpal. Img source: jalanmenujusukses-id.blogspot.com

Pada jenis kolam yang pertama, terpal tidak akan menerima beban terlalu berat saat terpal ditimpa oleh air. Sedangkan untuk tipe atau jenis bak yang kedua, beban air cukup berat akan ditahan oleh terpal. Dan kelebihan dari tipe kolam kedua ini adalah lebih gampang dalam proses pencucian kolamnya.

Untuk proses pemeliharaan ikan guramenya sendiri, Anda juga mesti rela menyempatkan waktu Anda untuk mengurus ikan-ikan yang Anda budidayakan. Ikan gurame ini mesti diberi makan sebanyak dua kali dalam sehari. Anda mampu memberinya makan pada pagi hari dan sore hari dengan menggunakan pakan ikan pellet yang memiliki protein sebesar 25 persen – 30 persen. Akan namun Anda juga dianjurkan semoga lebih sering menunjukkan makanan terhadap ikan gurame. Namun demikian jumlah atau takaran makanannya harus dikurangi per sekali tunjangan makan.

Untuk menjaga kesehatan ikan guramenya, Anda juga bisa menyertakan dedaunan dan juga sayur mayur sebagai kuliner pendamping untuk membantu proses perkembangan ikan gurame.

Selain itu kebersihan kolam mesti betul-betul Anda jaga karena perlu Anda ketahui bahwa ikan gurame mempunyai daya tahan terhadap lingkungan sekitar yang kurang besar lengan berkuasa. Jika airnya kotor, mungkin gurame akan mati. Maka dari itu lakukan pembersihan air atau penggantian air secara terjadwal semoga air di dalam kolam tetap tersadar kebersihannya.

So, demikian sekilas berita mengenai prospek kesempatan usaha budidaya ikan gurame di penduduk . Semoga isu tadi mampu memberi inspirasi Anda dan supaya berfaedah.
Jatilengger TV Assalamu'alaikum wr. wb. Hello, how are you? Introducing us Jatilengger TV. The author, who is still a newbie, was born on January 16, 1989 in Blitar and is still living in the city of Mendoan. About starting this blog, it started with a passion for writing fiction, which eventually had to be written down in a scribble or note to immortalize it. Which is then able to pour ideas on this blog. All of that, of course, really hope to be useful for readers everywhere. I currently work as an entrepreneur in Blitar, East Java. On the sidelines of busyness, I try to write and share through blogs. For cooperation, of course, I really accept forms of cooperation such as: Advertisement, Product Review, Event Collaboration, and others. That's a short profile about myself, I hope you like to visit my blog. Thank you. :) Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 Response to "Yuk, Coba Peluang usaha Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel