Membuat Proposal Pengajuan Dana Usaha

Kendala paling besar dalam wirausaha bagi beberapa orang adalah kekurangan modal. Keterbatasan modal atau dana menjadi momok yang menakutkan bagi para calon wirausahawan. Namun hal tersebut bisa terselesaikan dengan mengajukan tawaran pengajuan dana perjuangan. Di artikel ini nantinya akan dituliskan contoh ajuan pengajuan dana usaha yang dibagi ke dalam beberapa poin penting.

Mengajukan proposal pengajuan dana usaha terhadap calon investor memang mudah-mudah sukar. Agar usulan bisa menerima kesepakatan, kita mesti membuat proposal usaha sebaik-baiknya. Dengan begitu, penanam modal akan kepincut memberikan pemberian modal bagi usaha yang mau kita jalani.

Contoh usulan pengajuan dana usaha

Langkah pertama yang harus kita kerjakan dalam memulai perjuangan kita yakni menentukan jenis usaha. Banyak sekali jenis usaha yang mampu kita pilih, dari usaha di bidang masakan, di bidang jasa, hingga di bidang UMKM. Berbagai jenis perjuangan ini mampu kita pilih dan sesuaikan dengan minat kita.

Jika sudah menentukan perjuangan yang mau dirintis dan jalani, barulah kita menciptakan usulan pengajuan dana usaha terhadap kandidat investor. Berikut ini beberapa poin penting dalam mengajukan dana terhadap calon investor.

1. Latar Belakang
Bagian penting pertama yang mesti ada di proposal Anda ialah latar belakang. Di bab ini kita mesti menuliskan latar belakang dari usaha yang kita pilih dan kenapa kita memilih jenis usaha tersebut. Misalnya kita ingin perjuangan di bidang kuliner, tepatnya usaha rainbow cake. Jelaskan secara singkat sejarah dari rainbow cake, perkembangannya di Indonesia, hingga kesempatan ke depan dari perjuangan rainbow cake. Kemudian tuliskan argumentasi utama Anda kenapa memilih perjuangan rainbow cake selaku perjuangan Anda. Latar belakang menjadi komponen penting dalam tawaran pengajuan dana perjuangan, alasannya adalah bab ini menjadi pintu masuk dari tawaran yang Anda buat.

2. Profil Usaha
Bagian penting selanjutnya yakni profil perjuangan yang akan kita jalani. Di bagian ini kita harus menjelaskan secara terang segala sesuatu yang berhubungan dengan usaha kita. Misalnya kita ingin perjuangan di bidang distro, maka jelaskan usaha distro Anda tersebut mulai dari nama, alamat, produk yang dijual , kisaran harga, taktik pemasaran, dan lain-lain. Di bagian ini penanam modal akan menganggap apakah Anda bisa membuat business plan yang manis atau tidak. Oleh alasannya itu, buatlah penjelasan mengenai profil usaha yang ingin dijalani dengan baik dan sejelas-jelasnya.

3. Rincian Dana
Selanjutnya adalah bagian terpenting, yakni rincian dana yang diharapkan dalam perjuangan kita. Disini kita bisa menuliskan rinician kebutuhan dana yang diperlukan pada perjuangan yang hendak dijalani. Tulis kebutuhan dan nominal yang diharapkan, misalnya mirip ini;


Biaya pembelian perlengkapan    :
RP5.000.000
Biaya sewa daerah                  :
Rp2.000.000
Biaya Produksi                          :
Rp5.000.000
Biaya Pemasaran                      :
Rp1.000.000

Tulis secara jelas semoga kandidat penanam modal bisa mengkalkulasi dan menilai apakah usaha Anda layak diberikan perlindungan modal atau tidak. Agar lebih lengkap, tuliskan pula proyeksi pendapatan yang mau diperoleh dari usaha Anda tersebut.

Itu tadi teladan usulan pengajuan dana perjuangan yang dibagi ke dalam beberapa poin penting. Proposal yang dibentuk dengan baik akan menawarkan hasil yang bagus pula.
Jatilengger TV Assalamu'alaikum wr. wb. Hello, how are you? Introducing us Jatilengger TV. The author, who is still a newbie, was born on January 16, 1989 in Blitar and is still living in the city of Mendoan. About starting this blog, it started with a passion for writing fiction, which eventually had to be written down in a scribble or note to immortalize it. Which is then able to pour ideas on this blog. All of that, of course, really hope to be useful for readers everywhere. I currently work as an entrepreneur in Blitar, East Java. On the sidelines of busyness, I try to write and share through blogs. For cooperation, of course, I really accept forms of cooperation such as: Advertisement, Product Review, Event Collaboration, and others. That's a short profile about myself, I hope you like to visit my blog. Thank you. :) Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 Response to "Membuat Proposal Pengajuan Dana Usaha"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel