4 IDE BISNIS YANG OKE UNTUK ANAK SEKOLAH


adek yang masih sekolah dan ingin mulai berbisnis sendiri 4 IDE BISNIS YANG OKE UNTUK ANAK SEKOLAH

Haii deeekk...!! Selamat datang di blog abang yaa.. :)

Artikel ini ditulis khusus untuk adek-adek yang masih sekolah dan ingin mulai berbisnis sendiri. Entah itu maksudnya untuk membantu biaya sekolah, atau untuk melatih kemampuan jualan, atau juga buat iseng-iseng nambahin duit jajan hehee...

Mungkin di antara adek-adek ada yang sudah sudah biasa berdagang, contohnya telah terbiasa menolong orang bau tanah yang memang berwirausaha mirip membuka toko dan sebagainya, niscaya tidak begitu kesusahan ya jika harus menunjukkan barang ke calon pembeli. 

Tetapi bagaimana nih bagi yang belum pernah sama sekali berjualan, wah niscaya ada perasaan aib, grogi dan takut ditolak yaa.. Tenang aja dek, itu awalnya saja kok. Kalau telah terbiasa nanti malunya berubah jadi aib-maluin heheee..

Biar sudah biasa bagaimana caranya? Ya tentunya latihan. Terjun langsung melayani pembeli. Nanti usang kelamaan pasti kemampuan memasarkan adek-adek kian lama kian elok. Tahu gak, hampir semua usahawan berhasil yang ada sekarang dulunya berdagang lho. Mereka nyambi berjualan dikala masih duduk di bangku sekolah. Warren Buffett misalnya, usahawan dan penanam modal asal Amerika ini dulunya adalah pedagang koran, bola golf, dan minuman cola. Bos Trans Corp, Chairul Tanjung dikala masih sekolah juga berjualan.

Warren Buffett saat masih sekolah berdagang bola golf dan koran

Oke, sekarang kita lihat yuk inspirasi bisnis apa saja sih yang sesuai dilakukan oleh anak sekolah.


1. Bisnis Pulsa

Bisnis Pulsa untuk Anak Sekolah

Wah, kalau bisnis yang satu ini cocok banget deh untuk anak sekolah. Kenapa? Modalnya cuma handphone. Bahkan handphone model lama alias jadul juga bisa dipakai. Pasti semua anak sekolah punya HP kan? Nah, hp ini mampu dimanfaatkan untuk mencari duit.

Bisnis pulsa selain mudah juga tidak ribet seperti bisnis dengan memasarkan barang yang mesti dibawa ke mana-mana. Cukup dengan mengisi deposit pulsa yang bahkan mampu diisi dengan nominal Rp.100 ribu telah mampu mulai jualan. Tawarkan ke sahabat-sobat atau guru di sekolah. Mereka niscaya terbantu alasannya tidak butuhkeluar untuk sekadar berbelanja pulsa. Tapi jangan kas bon ya.. :) karena biasanya ada teman yang minta utangan pulsa hehe..

Keuntungan yang didapat juga terbilang lumayan. Contohnya saja untuk pulsa nominal Rp.5 ribu yang dijual seharga Rp.7ribu modalnya hanya Rp.5200. Kan ada selisih laba Rp.1800. Anggap saja laba higienis Rp.1500 per transaksi. Kalau adek-adek mampu memasarkan 20 kali saja, mampu mendapat untung higienis Rp.30ribu sehari. Kalau dikali sebulan kan lumayan sekali. Apalagi jika melayani pemasaran pulsa di rumah. Tidak perlu etalase, cukup pasang tulisan "dagangpulsa" di depan rumah. Oke kan?

Apalagi jika ditambah dengan jualan voucher ataupun perdana internet. Hmm.. mampu lebih banyak lagi kan omzetnya.


2. Makanan Ringan

Bisnis Makanan Ringan untuk Anak Sekolah

Siapa coba yang nggak suka ngemil? Hampir semua orang suka ngemil. Apalagi jikalau di sekolah ya? Setiap bel istirahat berbunyi, anak-anak niscaya berhamburan ke kantin untuk mencari makanan. Nah, ini bisa kita manfaatkan dek untuk berjualan makanan ringan alias cemilan. 

Tidak usah takut mesti membuat sendiri karena kita mampu berbelanja kemudian eksklusif dijual lagi atau mampu juga berbelanja dalam jumlah banyak kemudian pengemasan ulang untuk mendapat untung lebih besar.

Cerita sedikit ya. Dulu tuh di sekolah ada anak yang saban hari menenteng plastik besar yang isinya keripik, marning (keripik jagung pedas) serta kacang-kacagan. Setiap bel istirahat berbunyi jualannya pasti eksklusif diserbu temna-temannya, maklum sudah banyak langganan jadi tidak butuhlagi keliling menawari. Bahkan langganannya juga sampai pada guru-guru di sekolahnya. Jangan heran dengan harga jual yang terjangkau Rp.500 sampai Rp.2000 per bungkus menciptakan dagangannya yang dua kantong besar pribadi habis di istirahat pertama. Hmm.. jago kan?!


3. Les Privat

Les Privat cocok untuk dijalankan anak sekolah

Nah bila yang ini sifatnya menunjukkan jasa. Buat adek-adek yang pinter dan punya ilmu yang bisa dibagi-bagi dan pastinya senang menjadi pengajar, bisnis belajar khusus sangat prospektif loh. Les privat bukan cuma les pelajaran yah, bila adek-adek bisa gitar misalnya atau punya kesanggupan berenang yang bagus, bisa juga menunjukkan jasa kursus gitar atau renang.

Biasanya kursus privat ini adek-adek mampu tawarkan pada orang-orang terdekat mirip tetangga misalnya. Atau jika mau lebih mudah, bisa juga diiklankan melalui OLX contohnya. Adek-adek belum punya modal? Tenang saja, bisnis belajar khusus ini bahkan bisa dijalankan tanpa modal loh. Biasanya sesudah pasang iklan dan ada yang menelepon, adek-adek tinggal mengunjungi daerah yang meminta jasa tadi. Bagaimana, terpesona?


4. Makara Reseller atau Droshipper

Willow Tufano yang sukses beli rumah dari berdagang

Menjadi reseller atau dropshipper juga bisa dikerjakan oleh adek-adek yang masih sekolah. Kalau reseller adek-adek udah pada tahu kan? Ya, membeli barang untuk dijual lagi dengan harga tertentu. Nah, kalau dropshipper telah tahu? Apa sih dropshipper itu? Dropshipper artinya kita menolong menjualkan barang orang lain tanpa harus membelinya mirip seorang reseller. Artinya tidak diperlukan modal untuk berbelanja barang dagangan.

Menjadi reseller atau dropshipper cukup simpel kok. Sediakan saja HP Smartphone dan saluran internet pastinya untuk memberikan produk. Jualannya mampu di market place mirip Tokopedia, Bukalapak, OLX, ataupun Shopee. Bisa juga memberikan melalui media umum mirip Facebook, BBM, dan sedang menjadi favorit banyak pedagang, Instagram.

Oh ya, ada seorang anak bernama Willow Tufano yang fotonya ada di atas itu, yang sukse jadi reseller hingga-sampai mampu berbelanja rumah sendiri dikala usianya masih 14 tahun. Wow salut ya.. Jadi ceritanya Tufano ini memasarkan kembali barang-barang yang dibelinya melalui situs perdagangan mirip eBay untuk lalu menjualnya kembali di situs perdagangan mirip Amazon. Ia berusaha untuk mendapatkan barang-barang dengan harga ekonomis supaya bisa dijual kembali dengan harga berkompetisi. Saat ini Tufano telah berbelanja dua rumah yang lalu disewakannya.

Jadi itu tadi beberapa wangsit bisnis yang tepat untuk anak sekolah. Mungkin ada ide yang lain, silahkan ditambahkan di komentar yaa..

Semoga bermanfaat..:)


Jatilengger TV Assalamu'alaikum wr. wb. Hello, how are you? Introducing us Jatilengger TV. The author, who is still a newbie, was born on January 16, 1989 in Blitar and is still living in the city of Mendoan. About starting this blog, it started with a passion for writing fiction, which eventually had to be written down in a scribble or note to immortalize it. Which is then able to pour ideas on this blog. All of that, of course, really hope to be useful for readers everywhere. I currently work as an entrepreneur in Blitar, East Java. On the sidelines of busyness, I try to write and share through blogs. For cooperation, of course, I really accept forms of cooperation such as: Advertisement, Product Review, Event Collaboration, and others. That's a short profile about myself, I hope you like to visit my blog. Thank you. :) Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 Response to "4 IDE BISNIS YANG OKE UNTUK ANAK SEKOLAH"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel