Mengenal Bisnis Affiliate Marketing Lebih Jauh


Internet telah memperkenalkan metode-tata cara gres untuk menjual sebuah produk dan menghasilkan uang. Kini, telah banyak sekali versi poemasaran online yang memungkin kan Anda untuk menciptakan uang dengan jumlah yang tidak sedikit, meskipun Anda tidak memiliki produk, meskipun Anda tidak mempunyai bisnis.

Salah satu metode penjualan yang aku maksud yakni: Affiliate Marketing.

Definisi sederhananya, Affiliate Marketing ialah suatu teknik pemasaran dimana Anda menolong menjual produk orang lain secara online.

Sistem Affiliate Marketing pertama kali didapatkan pada tahun 1994. Amazon adalah salah satu perusahaan pertama yang mempopulerkan Affiliate Marketing selaku salah satu teknik penjualan yang memanfaatkan jaringan internet yang terbilang gres pada ketika itu. 

Masyarakat menyambut baik teknik ini dan risikonya membatu melejitkan bisnis Amazon hingga mirip yang kita kenal sekarang. Affiliate Marketing pun meningkat dengan pesat setelahnya. Kini produk yang dijual dengan memakai teknik Affiliate Marketing semakin bermacam-macam. Dari mulai produk digital mirip eBook atau tiket online, sampai buku dan peralatan elektronika.

Laporan dari Marketing Sherpa pada tahun 2006 nilai yang dihasilkan dari Affiliate Marketer dari seluruh dunia dari aneka macam jenis transaksi ialah senilai: US$ 6.5milyar (setara Rp. 65triliun.)

Bagaimana Affiliate Marketing Bekerja?

Pada dasarnya ada 3 pihak terlibat didalam sketsa Affiliate Marketing yang biasa akan Anda jumpai secara online. Ketiga pihak tersebut ialah:

1. Producer
Producer yakni pihak yang memproduksi barang yang mau dijual oleh Affiliate Marketer nantinya (keterangan ada dibawah.) Producer mampu semua orang dari mulai produsen gadget sekelas Samsung, sampai penulis amatir yang baru saja mempublikasikan eBook-nya untuk pertama kali. Agar Affiliate Marketer mau menjual produk milik Producer maka Producer harus membagi laba dari setiap penjualan yang terjadi terhadap Affiliate Marketer.

2. Affiliate Marketer/ Publisher
Affiliate Marketer yakni orang-orang yang hendak menolong menjual produk dari Producer. Affiliate Marketer memakai banyak sekali macam teknik pemasaran online untuk mendatangkan pengunjung dan mengembangkan penjualan. Teknik tersebut mampu saja memanfaatkan SEO, Iklan, Social Media, Email Marketing, dan lain-lain. Affiliate Marketer akan mendapatkan komisi untuk setiap pemasaran, klik atau leads.

3. Affiliate Network
Affiliate Network yakni daerah bertemunya Producer dan Affiliate Markater, risikonya Affiliate Network sering juga disebut dengan marketplace. Affiliate Network adalah pihak yang mempunyai teknologi dan sistem yang memungkinkan Affiliate Marketer untuk memasarkan barang-barang dari Producer. Affiliate Network yakni pihak yang akan menunjukkan komisi dari hasil penjualan terhadap Affiliate marketer dan Producer setiap kali ada penjualan.

Jenis Affiliate Marketing

Secara lazim Affiliate Marketing terbagi menjadi 3 bagian besar berdasarkan dari bagaimana pihak Affiliate Marketer mendapatkan komisinya. 3 Jenis tersebut yakni:

1. Pay Per Sales
Artinya Affiliate Marketer akan menerima komisi dari setiap pemasaran yang terjadi. Ini yakni tata cara Affilliate Marketing yang paling lazim yang akan Anda jumpai di internet. Komisi yang akan diterima oleh Affilliate Marketer rata-rata sebesar 5%-50% bahkan ada Affiliate Network yang memberikan komisi hingga 75% untuk setiap pemasaran yang terjadi.

Ya, artinya komisi yang diterima Affiliater Marketer lebih besar daripada laba Producer yang membuat produk tersebut.

2. Pay Per Click
Dengan memakai sistem ini, Affiliate Marketer akan menerima komisi dari setiap pengunjung yang meng-klik link yang diberikan oleh Affiliate Network. Link ini akan mengarah langsung ke produk dari Producer. Cara ini akan menolong mendatangkan banyak hadirin menuju produk tersebut.

3. Pay Per Leads
Sering juga disebut dengan Pay Per Action atau Pey Per Performance.
Mirip dengan Pay Per Sales, tetapi disini Affiliate Marketer akan menerima komisi meski pengunjung tidak membeli produk yang disediakan oleh Producer. Biasanya hadirin hanya akan diminta untuk melakukan serangkaian langkah-langkah seperti: mendaftarkan alamat email, mendaftar kedalam sebuah website, dan lain-lain.

Nantinya sang Producer akan mengolah data-data yang dia mampu untuk lalu menjual eksklusif produk atau layanannya terhadap leads (harapan) yang telah dikumpulkan oleh Affiliate Marketer tersebut.

Biasanya model ini digunakan untuk barang yang tidak bisa dijual dalam transaksi online seperti: rumah, jasa konsultan, sewa kendaraan beroda empat, dll.

Proses Affiliate Marketing

Proses yang biasa terjadi dalam tata cara Affiliate Marketing yakni sebagai berikut:

Producer membuat kesepakatan dengan Affiliate Network untuk menjual produk hasil buatannya. Jika janji tercapai maka Affiliate Network akan menjadi terusan dsitribusi (channel distribution) untuk produk yang diberikan oleh producer.

Producer dan Affiliate Marketer memilih versi Affiliate Marketing yang akan mereka gunakan. Apakah Pay Per Sales, Pay Per Leads, atau Pay Per Click.

Producer dan Affiliate Network (bisa juga cuma salah satunya) menentukan besaran yang akan diterima oleh Affiliate Marketer.

Affiliate Network akan menawarkan link menuju produk milik sang Producer serta seluruh fasilistas dan teknologi yang diharapkan oleh Affiliate Marketer untuk mengiklankan produk milik sang Producer.

Setelah Affiliate Marketer memilih produk mana yang akan beliau jual, dia kemudian mempromosikannya melalui aneka macam macam susukan pemasaran yang beliau miliki. Bisa berupa situs web/ blog, iklan, social media, dan jalur lainnya.

Affiliate Network akan memperlihatkan komisi kepada Affiliate Marketer dan keuntungan kepada Producer secara berkala dalam era waktu tertentu selama koordinasi antara Producer dan Affiliate Network masih berlangsung atau selama produk tersebut masih dijual.

Affiliate Network bisa memutuskan sepihak koordinasi dengan Affiliate Marketer bila terbukti menyalahi hukum yang ada mirip melakukan SPAM, penipuan, dan lain-lain.

Ada juga jenis Affiliate Marketingdimana Producer eksklusif membuat tata cara Affiliate Marketing-nya sendiri, tanpa mediator Affiliate Network, tetapi prosesnya mirip dengan yang diatas.
Jatilengger TV Assalamu'alaikum wr. wb. Hello, how are you? Introducing us Jatilengger TV. The author, who is still a newbie, was born on January 16, 1989 in Blitar and is still living in the city of Mendoan. About starting this blog, it started with a passion for writing fiction, which eventually had to be written down in a scribble or note to immortalize it. Which is then able to pour ideas on this blog. All of that, of course, really hope to be useful for readers everywhere. I currently work as an entrepreneur in Blitar, East Java. On the sidelines of busyness, I try to write and share through blogs. For cooperation, of course, I really accept forms of cooperation such as: Advertisement, Product Review, Event Collaboration, and others. That's a short profile about myself, I hope you like to visit my blog. Thank you. :) Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 Response to "Mengenal Bisnis Affiliate Marketing Lebih Jauh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel