GILA DAN NYELENEH, STRATEGI BISNIS RYANAIR



Maskapai Penerbangan RyanAir

Gila! Itulah kata yang akan keluar bila kita bicara soal RyanAir. RyanAir ialah maskapai penerbangan bertarif rendah asal Irlandia yang beroperasi di Eropa. Maskapai yang satu ini mampu dibilang sungguh-sungguh anti mainstream dalam menerapkan seni manajemen usahanya. Fokus pada irit ongkos, apa yang RyanAir lakukan yang hendak buat sahabat geleng-geleng kepala.

Di RyanAir, bangku penumpang tidak mampu direbahkan. Jarak antara bangku depan dan belakangnya pun sungguh sempit. Hal ini dilaksanakan supaya kian banyak penumpang yang dapat dimuat. Bahkan akan diterapkan standing-seat alias dingklik yang penumpangnya duduk tapi sambil bangun dengan harga tiket yang jauh lebih murah dibandingkan dengan yang konvensional. Kursi duduk sambil bangun gimana? Bingung? Lihat di gambar deh. Berarti semakin banyak penumpang yang dimuat kan? Alamat nyeri seluruh tubuh tuh penumpangnya.


Standing Seat

Sobat mau ngemil? Maaf di RyanAir tidak ditawarkan gratis. Mereka menjual air, camilan dan sebagainya di dalam pesawatnya, harga makanannya juga mahal, bahkan berdasarkan situs Telegraph, harga makanannya mampu lebih mahal ketimbang harga tiket pesawatnya.. wow.. Pramugarinya yang mau berkeliling menawarkannya. Nyeleneh kan? Mungkin agak mirip-mirip dengan naik bis di Indonesia yang banyak pedagangnya, hehe.. Untuk masalah pemasaran tiket, 98%nya dijual secara online, hasilnya ini mampu memangkas biaya administrasi dan komisi biro penjualan.

Masih kurang ekonomis? Mereka juga akan menambah beban sobat dengan biaya pelengkap jikalau ingin menentukan kursi, menilik bagasi, dan memakai bangku roda, ckckk... Bahkan tahun 2009 sempat ada ilham untuk mengenakan biaya perhiasan bila ingin menggunakan toilet yang idenya pribadi berasal dari sang CEO Michael O’Leary, tetapi tidak jadi dipraktekkan. Ini toilet pesawat atau toilet biasa ? Ada-ada saja idenya..


Sumber : boylecartoon.co.uk

Jangan lupa juga di seluruh segi ruangan di dalam pesawat juga dipasangi iklan, dan penawaran barang yang dilaksanakan pramugari di sana. Oh ya, bicara soal pramugari RyanAir, menurut sumber yang saya mampu dari DailyMail, mereka bayar sendiri seragam, alias tidak diberikan dari perusahaan. What?? Dan yang kontroversial dan membuatheboh tahun 2013 kemarin, RyanAir bahkan “merilis” kalender untuk amal dengan pramugari-pramugari mereka selaku modelnya dengan menggunakan bikini. (maaf untuk gambar ditiadakan, alasannya dapat merusak konsentrasi membaca hehe..).

RyanAir terperinci membidik pasar yang lebih memilih penerbangan murah. Mungkin teman berpikir, apa iya, ada yang kepincutnaik pesawat yang gak tenteram seperti itu? Ternyata banyak. Banyak sekali malahan. Sang CEO Michael O’Leary bahkan sangat bangga dengan strategi pengurangan luar biasa ini. Hasilnya, maskapai penerbangan yang berdiri tahun 1985 ini berhasil menjadi penerbangan paling besar di Eropa dalam kategori jumlah penumpang. Tercatat keuntungan higienis bertambah hingga 66% menjadi 867 juta euro pada Maret tahun 2015 ini.

Terus kesimpulannya apa? Kalau mau ajaib, gila sekalian. Kalau mau nyeleneh, nyeleneh sekalian. Jangan tanggung-tanggung. Hehe.. udah itu aja. Semoga berfaedah ^^
Jatilengger TV Assalamu'alaikum wr. wb. Hello, how are you? Introducing us Jatilengger TV. The author, who is still a newbie, was born on January 16, 1989 in Blitar and is still living in the city of Mendoan. About starting this blog, it started with a passion for writing fiction, which eventually had to be written down in a scribble or note to immortalize it. Which is then able to pour ideas on this blog. All of that, of course, really hope to be useful for readers everywhere. I currently work as an entrepreneur in Blitar, East Java. On the sidelines of busyness, I try to write and share through blogs. For cooperation, of course, I really accept forms of cooperation such as: Advertisement, Product Review, Event Collaboration, and others. That's a short profile about myself, I hope you like to visit my blog. Thank you. :) Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 Response to "GILA DAN NYELENEH, STRATEGI BISNIS RYANAIR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel