Mau Buka Usaha? Perhatikan Hal-Hal Ini




Semangat kewirausahaan di Indonesia tamat-selesai ini begitu terasa. Melalui banyaknya seminar, workshop, bahkan seminar online yang kerap disebut webinar yang diselenggarakan yang menuai sukses dengan ratusan bahkan ribuan peminat menunjukan begitu besarnya antusiasme untuk berwirausaha di golongan masyarakat. Bahkan dikala ini wirausahawan banyak pula yang berasal dari golongan pelajar maupun mahasiswa. Mereka beramai-ramai membuka usaha. Ini terperinci kabar gembira, makin kian banyak jumlah wirausahawan di negeri ini. Tapi ada kabar buruknya, berdasarkan survey 80% perjuangan mati di tahun pertama. Ini serius bukan nakut-nakutin. Jika sobat-teman berencana ingin membuka perjuangan, ada baiknya perhatikan hal-hal berikut:


1. Lakukan Yang Disukai Atau Sukai Apa Yang Dilakukan

Kadang selaku pemula, kita cepat sekali di”komporin” dengan kata-kata motivasi penyemangat dari motivator. Saking semangatnya mau buka usaha, lihat sobat berhasil usaha kedai makanan maka kita juga mau buka kedai makanan padahal kita tidak suka. Lihat tetangga sukses buka usaha pakaian, kita juga ikut-ikutan. Seringkali kita cuma melihat enaknya. Orang sudah berhasil, kelihatannya yummy. Padahal tahu gak, sebelum ada di posisi itu, mereka berkeringat, berdarah-darah memperjuangkannya. Maka asal buka usaha saja terperinci bukan langkah yang pandai, alih-alih asal action, baiknya kita mulai dari apa yang kita sukai atau senangi apa yang kita kerjakan.

Steve Jobs pernah bilang, “ kau haruslah melakukan apa yang jadi passionmu, apa yang kau sukai. Alasannya alasannya sungguh sukar bertahan jika kau tidak menyukainya, tidak merasa senang melakukannya. Itulah mengapa banyak orang yang gagal. Jika kau menyaksikan orang sukses, niscaya mereka ialah orang yang mengasihi apa yang mereka lakukan, alasannya mereka akan bertahan dalam kondisi terburuk sekalipun. Tapi bila kau tidak menyukainya, maka kau akan mengalah saat kondisi menjadi sulit.


2. Fokus Pada Kelebihan/Keahlianmu

Jika sobat keahliannya di bisnis online, pinter copywriting, ahli buat orang kepincut beli dengan kata-kata persuade lewat dunia maya, maka fokuslah di situ. Jangan coba-coba untuk buka perjuangan offline misal buka toko, melayani pelanggan secara eksklusif face to face. Percaya deh, itu bukan keputusan bijak. Kamu akan mengalami kesusahan.

“Tapi kan keahlian itu bisa dipelajari?”

Iya bener, memang bisa dipelajari, tetapi itu terang butuh waktu, usaha, dan trial error tentu saja. Daripada mencoba-coba, lebih baik fokus pada apa yang menjadi bidang keahlianmu. Lagi pula orang lazimnya lebih punya passion dan kecintaan pada apa yang dia sukai. Betul?


3. Pelajari Lebih Lanjut

Jika telah memutuskan akan buka usaha apa, maka seharusnya kita mencari tahu bisnis tersebut dengan lebih detail lagi. Buat penyusunan rencana yang masak. Tapi jangan terlalu berlebihan. Banyak orang yang urung bisnis gara-gara belum apa-apa telah membayangkan akan begini, akan begitu. Mereka telah ketakutan sendiri dengan rencanaya tadi. Tapi jangan pula over confidence alias yakin diri berlebihan. Banyak pengusaha yang gres buka usaha sudah yakin akan untung, belum apa-apa telah rekrut banyak karyawan, padahal keuntungan belum kelihatan.


4. Atur Keuangan

Bersemangat membuka usaha itu cantik. Namun banyak pengusaha pemula yang teledor dalam menginvestasikan uangnya. Langsung sewa toko atau ruko, pribadi beli inventaris, langsung stok barang segudang. Padahal kita juga butuh pengeluaran untuk sehari-hari, apalagi bagi yang telah berkeluarga, pengeluaran untuk transport, ataupun untuk keperluan mendesak contohnya kesehatan yang pasti tidak bisa ditawar. Maka dari itu, akan lebih bijak jikalau kita membagi-baginya dalam pos-pos. Misalnya untuk pengeluaran sehari-hari, untuk bisnis, untuk investasi, untuk keperluan mendesak, untuk wisata, dan sebagainya. Intinya jangan meletakkan uangmu dalam satu keranjang, pisahkan untuk berjaga-jaga.


5. Cari Mentor Bisnis

Bruce Lee mahir alasannya punya guru, Warren Buffett jadi penanam modal ahli juga punya guru yang membimbingnya. Begitu pula sobat. Jika teman ingin cepat sukses, pastinya bukan dalam satu malam ya, hehe.. maka carilah guru atau mentor pembimbing. Carilah orang yang sudah terbukti sukses dalam bisnis yang ingin kita geluti. Manfaat didampingi mentor bisnis adalah tentunya kita kan diajari tindakan mencapai keberhasilan dan menghemat trial error jikalau melakukannya sendiri.


6. Siapkan Mental

Dunia bisnis bukan dunia yang gampang. Akan banyak rintangan, ketidakpuasan, dan pengalaman tidak menggembirakan yang menunggu sahabat di depan. Jika kita tidak mempunyai mental yang berpengaruh, maka usaha yang kita bangkit akan jadi perjuangan jenis 80% yang sudah disebutkan di atas, yang tiba-datang menghilang ditelan bumi alias bangkrut dalam tahun pertama bahkan dalam hitungan bulan saja. Optimis dan jangan berharap berlebihan. Mengingat kata bijak Om Bob Sadino ketika dia menjadi guest di Kick Andy, dia berkata “jangan berharap, alasannya di balik keinginan ada ketidakpuasan. Kalau tidak inginkecewa, maka jangan berharap”. Mungkin maksud Om Bob yakni kita harus melaksanakan apa pun itu mesti nothing to lose, dengan begitu maka kita tidak akan terlampau sakit hati, duka, ketika semua tidak berlangsung sesuai keinginan.

Mungkin itu hal-hal yang mesti teman amati sebelum mulai membuka perjuangan, di samping hal-hal teknis tentunya. Membuka perjuangan membuka banyak potensi , membuka banyak lapangan pekerjaan bagi banyak orang, mensejahterakan masyarakat, akan jadi cita-cita mulia sahabat-teman entrepreneur semua. Semoga sukses untuk kita semua ^^

Kesuksesan itu Penuh Tantangan, Gagal Sekali Dua Kali Itu Biasa. Tetaplah Konsisten dengan Mimpi Kita. (anonim)
Jatilengger TV Assalamu'alaikum wr. wb. Hello, how are you? Introducing us Jatilengger TV. The author, who is still a newbie, was born on January 16, 1989 in Blitar and is still living in the city of Mendoan. About starting this blog, it started with a passion for writing fiction, which eventually had to be written down in a scribble or note to immortalize it. Which is then able to pour ideas on this blog. All of that, of course, really hope to be useful for readers everywhere. I currently work as an entrepreneur in Blitar, East Java. On the sidelines of busyness, I try to write and share through blogs. For cooperation, of course, I really accept forms of cooperation such as: Advertisement, Product Review, Event Collaboration, and others. That's a short profile about myself, I hope you like to visit my blog. Thank you. :) Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 Response to "Mau Buka Usaha? Perhatikan Hal-Hal Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel