Perlukah Lokasi Bisnis Yang Strategis Saat Ini?



Pagi-pagi buka email dari Mas Jaya Setiabudi. Isinya wacana perlukah lokasi strategis untuk bisnis kita di zaman sekarang ini? Hmm.. jadi mikir.

Beberapa tahun yang lalu, dikala internet dan bisnis online belum "menyerang" Indonesia, lokasi daerah usaha mirip toko, ruko, dan kios adalah Number One alias penting banget. Bagaimana tidak, lokasi toko berarti nafas bagi toko tersebut. 

Lokasi yakni terusan distribusi dan juga penawaran khusus sekaligus. Lokasi yang elok mempunyai arti potensi untuk dilihat dan dikunjungi konsumen lebih besar. Maka tidak heran jikalau harga properti macam ruko, toko, kios, dan semacamnya jikalau lokasinya strategis maka harganya pun akan meroket. Sehingga untuk orang-orang yang ingin berbisnis tetapi modal pas-pasan tampaknya agak sulit untuk menyewa lokasi yang seperti itu.

Namun ketika ini apakah lokasi yang strategis masih masih berlaku?

Beberapa tahun belakangan ini aku melakukan observasi skala kecil hehee.. Percaya atau tidak tetapi hampir separuh usahawan yang dahulunya berjualan dengan menyewa daerah di pinggir jalan, di mall, dan menyewa space di swalayan saat ini sudah beralih jualan di rumah!

Lah terus apakah laris? Bukannya dagangdi mall atau pinggir jalan jauh lebih ramai? Kenyataannya adalah Alhamdulillah orderannya saat ini justru lebih besar ketimbang dahulu ia buka di mall. Lah kok mampu?

Itulah kekuatan internet. Kebetulan yang saya jadikan teladan ini yakni seorang ibu rumah tangga yang berjualan cemilan sehat. Awalnya dia membuka booth di suatu mall besar di Bandar Lampung. Tentu sewa spacenya sangat mahal. 

Nah, beberapa bulan yang lalu dia memutuskan untuk tidak lagi menyewa di sana alasannya ternyata orderan via Instagramnya justru lebih banyak daripada di mall. Apalagi menurutnya berdagang di mall tidak sesuai antara ongkos sewa, gaji karyawan dan lain-lain yang mesti dikeluarkannya daripada omzet yang didapat.

Inilah yang disebut dengan Revolusi Saluran Distribusi dan Promosi.

Saat ini kita mengenal banyak ecommerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, OLX, yang membantu orang-orang mampu berjualan dengan gampang tanpa harus buka toko atau mempunyai toko. Lokasi tempat jualanmu tidak startegis? Tenang saja ada Gojek, Grab, dan teman-temannya. Lokasi yang berjauhan juga dapat dijangkau oleh ekspedisi pengiriman macam JNE, Tiki, dan Pos. 

Jika netizen alias pengguna internet ketika ini yang tertua berusia 45 tahun, maka dapat dipastikan 20 tahun yang akan tiba seluruh masyarakatIndonesia akan full online. Bisa dibayangkan betapa besar kesempatanpasar mengingat jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar, yang bahkan masuk 5 besar jumlah penduduk paling besar di dunia.

Kelak bisnis rumahan akan bersaing sejajar dengan bisnis besar pemilik lokasi strategis macam Pizza Hut atau McDonald. Kalau sudah begitu sepertinya investasi akan bergesar. Dari pada sewa daerah startegis yang mahal, lebih baik investasi di teknologi...


Jatilengger TV Assalamu'alaikum wr. wb. Hello, how are you? Introducing us Jatilengger TV. The author, who is still a newbie, was born on January 16, 1989 in Blitar and is still living in the city of Mendoan. About starting this blog, it started with a passion for writing fiction, which eventually had to be written down in a scribble or note to immortalize it. Which is then able to pour ideas on this blog. All of that, of course, really hope to be useful for readers everywhere. I currently work as an entrepreneur in Blitar, East Java. On the sidelines of busyness, I try to write and share through blogs. For cooperation, of course, I really accept forms of cooperation such as: Advertisement, Product Review, Event Collaboration, and others. That's a short profile about myself, I hope you like to visit my blog. Thank you. :) Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 Response to "Perlukah Lokasi Bisnis Yang Strategis Saat Ini?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel