Tips Mengembangkan Usaha Budidaya Ikan Hias Air Tawar


Usaha budidaya ikan hias terutama ikan hias air tawar sangat mudah dikerjakan serta tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Nilai keuntungannya mampu berlipat-lipat, karena ada jenis ikan hias yang harganya mencapai puluhan juta rupiah.
Sebelumnya menindaklanjuti potensi usaha ini, ada beberapa hal yang harus dimengerti, didalam melaksanakan perjuangan budidaya ikan hias air tawar mesti mengetahui teknik spesifik dan jenis-jenis ikan hias. Karena setiap ikan memiliki abjad yang tidak sama dan tata cara pemeliharaan yang berlawanan.

Tips Usaha Budidaya Ikan Hias

1. Tempat memilihara ikan
Hal pertama yang perlu dipikirkan dikala membuka perjuangan budidaya ikan hias yakni tempat untuk memelihara ikan tersebut. Tempat terbaiknya berbentuk akuarium. Jadi berlainan dengan budidaya ikan ternak yang bisa dikembangkan di kolam.
Ada berbagai jenis ikan yang suka bertarung dengan ikan lainnya. Karena itu, dikala membuka usaha budidaya ikan hias yang karakternya agresif harus dipisah. Kaprikornus akuariumnya harus ada sekat atau pemisah.
2. Pemilihan jenis ikan
Bagi pemula, sebaiknya buka perjuangan budidaya ikan hias yang terdiri berbagai macam sekaligus tetapi yang mudah teknik pemeliharaannya. Selain itu mesti pula dipilih jenis ikan hias yang lebih singkat laris dipasaran. Misalnya cupang, oscar, palmas dan sebagainya.
3. Metode penjodohan
Menjodohkan yaitu teknik berikutnya yang harus dikuasai oleh pelaku usaha budidaya ikan hias air tawar. Pilih induk yang sudah matang usia dan ikan jantan yang telah memproduksi sperma. Satukan kedua ikan tersebut selama 1 sampai 2 hari dan sesuai jenisnya.
Teknik menjodohkan ikan ini dihentikan disepelekan bila memang ingin serius melakukan perjuangan budidaya ikan hias. Karena setiap jenis ikan mempunyai abad ekspresi dominan kawin yang tidak sama.
4. Teknik pembesaran
Ilmu perjuangan budidaya ikan hias air tawar selanjutnya yang perlu dipelajari yakni teknik yang berafiliasi dengan sistem pembesaran ikan. Prosesnya diawali dari penetasan telur sampai berubah jadi larva kemudian berkembang menjadi ikan kecil.
Setiap proses dalam usaha budidaya ikan hias tersebut butuh teknik penangangan yang tidak sama. Terutama yang berhubungan dengan cara memberi makan pada ikan tersebut.
Pekerjaan terakhir yang tidak boleh dilupakan terkait dengan pengembangan kesempatan perjuangan budidaya ikan hias yaitu kebersihan. Misalnya pergantian air, pencucian akurium dan sebagainya.
Itulah beberapa problem paling penting yang perlu dipelajari dikala akan membuka perjuangan budidaya ikan hias air tawar. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya.
Jatilengger TV Assalamu'alaikum wr. wb. Hello, how are you? Introducing us Jatilengger TV. The author, who is still a newbie, was born on January 16, 1989 in Blitar and is still living in the city of Mendoan. About starting this blog, it started with a passion for writing fiction, which eventually had to be written down in a scribble or note to immortalize it. Which is then able to pour ideas on this blog. All of that, of course, really hope to be useful for readers everywhere. I currently work as an entrepreneur in Blitar, East Java. On the sidelines of busyness, I try to write and share through blogs. For cooperation, of course, I really accept forms of cooperation such as: Advertisement, Product Review, Event Collaboration, and others. That's a short profile about myself, I hope you like to visit my blog. Thank you. :) Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 Response to "Tips Mengembangkan Usaha Budidaya Ikan Hias Air Tawar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel