Peluang Usaha Ternak Hamster Mudah Dan Cepat

Usaha Ternak Hamster Praktis Dan Cepat - Hamster merupakan binatang yang sangat lucu dan imut. Tidak heran, kalau banyak orang yang suka dan hobi mengkoleksi hewan ini. Hamster merupakan sejenis hewan pengerat tetapi mempunyai bentuk badan yang kecil. Perawatan hamster terbilang sungguh gampang, anda juga tidak memerlukan tempat atau lahan yang luas untuk pemeliharaannya, dengan lahan yang terbatas pun anda sudah mampu memelihara hamster. Bahkan, aquarium yang tidak terpakai juga bisa loh dijadikan kandang hamster.

Img Source: wikihow.com
Selain bentuknya yang lucu dan menggemaskan, harga jual hamster juga sungguh terjangkau untuk semua golongan, bahkan untuk anak sekolahan. Saat ini, sungguh mudah untuk memperoleh pedagang hamster, anda mampu datangi banyak sekali toko binatang, atau mampu juga mencarinya di internet. Makanan hamster juga sangat mudah adalah jagung, sayuran, kwaci, dan kacang panjang. Merawat hamster juga tidak terlampau susah, yang penting anda berkala membersihkan kandangnya.

Usaha ternak hamster sangatlah berpeluang sebab peminatnya sangat tinggi, apalagi sudah banyak komunitas pencipta hamster yang telah terbentuk di berbagai kota dan negara. Namun, untuk melakukan ternak hamster ada beberapa tahapan yang harus anda lakukan agar ternak hamster yang anda jalani mampu menghasilkan hamster yang berkualitas dan unggul.

Peluang Usaha Ternak Hamster Bagi Pemula

1. Pemilihan Induk Hamster
Pilihlah indukan hamster yang lincah atau gesit, matanya cerah, dan nafsu makannya juga manis, sehinga anak yang dihasilkan menjadi bibit hamster yang unggul.

2. Pembuatan Kandang Hamster
Setelah itu buatlah sangkar hamster yang berukuran besar, dan jauhkan dari tempat yang terlalu ramai. Bisa dibilang hamster ialah hewan yang sensitif kalau sedang hamil sehingga mudah depresi.

Gambar sangkar Hamster menggunakan aquarium solusiproperti.com

3. Perawatan Hamster
Perhatikan kebersihan kandang dan juga asupan makanan pada ketika si betina sedang hamil. Jika pejantannya terlihat bernafsu, sebaiknya pisahkan sangkar hamster betina dengan pejantannya sampai si betina melahirkan.

Pada ketika hamster melahirkan, satukan anak dan ibunya dalam satu sangkar ditempat yang terpisah dari pejantan. Hal ini bermaksud supaya si betina dapat menyusui anaknya dengan tenang. Hamster mampu melahirkan 3-10 anak setiap kali melahirkan.

Namun, tetap diperhatikan selama betina menyusui si anak. Terkadang ada betina yang bersifat Canibal atau memakan anaknya sendiri. Maka dari itu bila sudah tampaksifat cannibal pada betina, semestinya segera pisahkan dengan anaknya.

Analisa Peluang Usaha Ternak Hamster

Modal permulaan:
3 pasang Indukan hamster yang sudah siap kawin    = 3 x Rp 20.000 = Rp 60.000
Harga kandang bentuk aquarium 3 pcs                      = 3 x Rp 30.000 = Rp 90.000

Pengeluaran Per Bulan:
Harga Jerami untuk bantalan kandang                              = Rp 5000
Makanan Hamster untuk 1 bulan                               = Rp 90.000
Total pengeluaran Per Bulan                                      = Rp 95.000

Perhitungan Profit:
Jika sekali beranak bisa menciptakan 3-10 anak, kita ambil tengahnya yakni 5 anak setiap kali melahirkan dan dalam sebulan cuma melahirkan sekali saja. Sedangkan jumlah hamster yang anda ternak ada 3 pasang, mempunyai arti total anak dalam sebulan yaitu 3 x 5 = 15 anak.

Harga anak hamster Rp 10.000 x 12 anak = Rp 150.000
Profit yang anda peroleh Rp 150.000- 95.000 = Rp 55.000.

Semakin banyak indukan hamster yang anda ternak, maka kian banyak pula anak yang dilahirkan dan keuntungan yang anda peroleh juga makin besar. Dalam beternak hamster, amati juga kebersihan badan hamster, kerap kali mereka merasa gatal sehingga alasnya yang berbentukserbuk kayu mesti secepatnya diganti. Selain itu, serbuk kayu tersebut harus tetap dalam kondisi kering sehingga hamster tidak kedinginan.

Peluang usaha ternak hamster umumdikerjakan oleh siapa saja alasannya adalah memang pemeliharaan dan juga penjualannya tidak terlalu susah.
Jatilengger TV Assalamu'alaikum wr. wb. Hello, how are you? Introducing us Jatilengger TV. The author, who is still a newbie, was born on January 16, 1989 in Blitar and is still living in the city of Mendoan. About starting this blog, it started with a passion for writing fiction, which eventually had to be written down in a scribble or note to immortalize it. Which is then able to pour ideas on this blog. All of that, of course, really hope to be useful for readers everywhere. I currently work as an entrepreneur in Blitar, East Java. On the sidelines of busyness, I try to write and share through blogs. For cooperation, of course, I really accept forms of cooperation such as: Advertisement, Product Review, Event Collaboration, and others. That's a short profile about myself, I hope you like to visit my blog. Thank you. :) Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 Response to "Peluang Usaha Ternak Hamster Mudah Dan Cepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel