Peluang Usaha Rumahan Ternak Jangkrik Sukses

Ternak Jangkrik - Mungkin anda sering merasa terganggu saat mendengar suara jangkrik pada malam hari di Bekasi maupun Cikarang. Binatang yang sering melompat ini memang sering mengeluarkan bunyi yang nyaring terlebih ketika ada yang mengganggunya. Namun, jangkrik ini juga sering diburu oleh para pecinta burung loh, alasannya jangkrik merupakan salah satu makanan untuk burung. Tidak sedkit peternak dan juga pecinta burung yang membutuhkan jangkrik untuk memadai keperluan kuliner burung mereka.

Img Source: page-r.blogspot.com

Melihat kebutuhan ini, bisa dipastikan bila perjuangan ternak jangkrik masih sangat menjanjikan, apalagi peternak burung semakin semakin banyak jumlahnya. Selain itu, untuk melakukan perjuangan ternak jangkrik tidak memerlukan tempat yang luas, alasannya ukuran tubuh jangkrik sungguh kecil, jadi dengan lahan yang terbatas pun anda sudah bisa mengerjakan usaha ternak jangkrik. Jangkrik yang dijadikan pakan ikan dan burung lazimnya berusia 2-3 bulan.

Jangkrik betina mempunyai siklus hidup yang lebih panjang adalah sekitar 3 bulan, sedangkan jangkrik pejantan cuma bisa bertahan hidup kurang dari 3 bulan. Jangkrik betina mampu menciptakan lebih dari 400 butir telur selama hidupnya. Jika anda memiliki lebih dari 100 ekor jangkrik betina, maka anda mampu memiliki lebih dari 4000 telur jangkrik setiap 3 bulan. Namun, anda juga harus tahun bahwa jangkrik memiliki 1000 jenis varietas yang berbeda. Jangkrik yang digunakan untuk pakan ikan dan burung ini berasal dari varietas Gryllus Mitratus dan Gryllus Testaclus mirip dikutip dari Wikipedia.

Selain untuk ikan dan burung, ternyata jangkrik juga mempunyai manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh loh. Hal ini dikarenakan jangkrik memiliki kandungan protein dan juga omega 3 yang sangat bagus untuk daya tahan badan dan juga perkembangan tulang dan gigi. Bukan itu saja, jangkrik juga dimakan untuk meningkatkan vitalitas tubuh laki-laki akil balig cukup akal. Jangkrik juga mempunyai kandungan antioksidan yang mampu melancarkan aliran darah di dalam tubuh.

Peluang Usaha Ternak Jangkrik Mudah dan Sukses

Ternyata banyak sekali ya manfaat yang mampu diambil dari jangkrik ini. Berikut ini beberapa cara yang mampu anda lakukan untuk beternak jangkrik :

Menentukan Lokasi Ternak Jangkrik
Walaupun tidak membutuhkan lahan yang luas, namun dalam menentukan lokasi seharusnya anda pilih lokasi yang tidak ramai, adem, dan juga tidak terkena sinar matahari secara pribadi. Selain itu, pilih juga lokasi yang memiliki sirkulasi udara yang bagus. Anda bisa menggunakan lokasi di bagian belakang halaman rumah yang umumnya terhindar dari hiruk pikuk seperti suara bising kendaraan bermotor.

Pembuatan Kandang
Anda mampu membuat sangkar berupa persgi panjang dari kayu bekas. Tinggi kandang kurang lebih 30-50 cm, lebarnya 60-100 cm dan panjangnya 120-200 cmKemudian pasangkan kawat khusus sangkar atau bisa juga menggunakan kawat nyamuk yang tebal untuk bab dindingnya. Anda bisa melumuri bab dindingnya dengan lumpur sawah, dan juga letakkan beberapa helai daun biar suasana sangkar seperti habitat asilnya si jangkrik.

Gambar sangkar jangkrik dari kardus. Img Source: page-r.blogspot.com


Memilih Bibit Jangkrik
Dalam beternak jangkrik, proses pemilihan bibit mesti dijalankan dengan benar. Pilihlah jangkrik dengan keadaan fisik yang sehat, tidak cacat, dan juga lincah. Pilih jangkrik yang usianya 10-20 hari sehingga telah mulai mampu diternak. Sekarang ini sudah banyak yang menjual indukan jangkrik dengan kualitas yang bagus di toko ternak. Atau anda juga mampu mencari indukannya di sawah,tentunya anda juga harus mempunyai wawasan menentukan mana indukan yang jantan dan mana indukan yang betina.

Indukan yang betina mempunyai bab sayap yang halus serta ovipositor pada bab bawah ekornya untuk mengeluarkan telur. Sedangkan indukan yang jantan memiliki bagian sayap yang bergelombang tetapi tidak mempunyai ovipositor.

Proses Peneluran
Setiap indukan jangkrik memiliki kesempatanpenetasan telur yang baik bila diberikan asupan gizi yang elok. Anda bisa memberikan kuliner berupa kuning telur angsa, ketan hitam, ataupun tepung ikan. Siapkan media pasir dalam satu wadah untuk kawasan bertelur si jangkrik. Jika simpulan bertelur, segera pisahkan telur dari induknya dan letakkan dalam satu sangkar yang telah dilapisi dengan pasir. Diamkan hingga telur jangkrik menetas.

Peluang usaha ternak jangkrik ini sungguh berpotensi dan bisa dikerjakan oleh semua kelompok. Modal yang dikeluarkan juga sungguh terjangkau, bahkan bisa juga tanpa modal bila anda mencari jangkrik di sawah. Demikian ulasan mengenai usaha jangkrik, supaya informasi ini dapat berfaedah untuk anda.
Jatilengger TV Assalamu'alaikum wr. wb. Hello, how are you? Introducing us Jatilengger TV. The author, who is still a newbie, was born on January 16, 1989 in Blitar and is still living in the city of Mendoan. About starting this blog, it started with a passion for writing fiction, which eventually had to be written down in a scribble or note to immortalize it. Which is then able to pour ideas on this blog. All of that, of course, really hope to be useful for readers everywhere. I currently work as an entrepreneur in Blitar, East Java. On the sidelines of busyness, I try to write and share through blogs. For cooperation, of course, I really accept forms of cooperation such as: Advertisement, Product Review, Event Collaboration, and others. That's a short profile about myself, I hope you like to visit my blog. Thank you. :) Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 Response to "Peluang Usaha Rumahan Ternak Jangkrik Sukses"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel