Kisah Bisnis Sampingan Seorang Pedagang Angkringan


Siang itu udara panas menyengat dan angin sepoi terasa disebuah kawasan rekreasi candi disalah satu peninggalan bersejarah di Yogyakarta. Saya mulai menunjukkan tekanan gas yang lebih di motor matic semoga cepat sampai ke sebuah kawasan di tempat sekitar Candi tersebut. Dari jauh telah tampakbeberapa motor diparkir di pinggir jalan disamping sebuah warung tenda, dalam pikiran saya, wah sepertinya agak ramai tempatnya. Begitu hingga ditempat itu memang ternyata ada beberapa orang yang sudah ada disitu mereka makan dan minum sambil ngobrol ngalor ngidul di sebuah warung angkringan yang jadwal bukanya cuma pagi sampai sore sekitar pukul 17:00 an saja.

Sapa ramah penjualangkringan telah tidak ajaib ditelinga aku, mirip hari-hari biasanya niscaya langsung ditanya "minum apa mas?" Hehe.. Sudah hafal soalnya kadang seminggu bisa 2-3 kali saya mampir ke angkringan ini. Setelah memesan minuman, dimulailah obrolan ringan dengan topik apa saja campur aduk alias gado-gado tidak terkecuali diskusi soal usaha sampingan yang ditekuni oleh masnya penjualangkringan ini. Dari obrolan itu ada dua jenis usaha sampingan yang dia jalani, yang pertama menjadi reseller telur puyuh dan yang kedua yaitu menjadi pedagang ayam hebat.

Lagi asik-asiknya ngobrol eh lha kok es teh aku habis, tanpa sadar alasannya diskusi soal peluang perjuangan ini kian lama makin asik saja, mulai dari bagaimana ia mengambil produk telur puyuhnya, berapa harga yang ada saat itu dan yang sedang heboh dipasaran, bagaimana suka sedih beliau dikala mengirim satu keranjang motor telur puyuh dan menyrempet pengendara sepeda motor lannya di derah jalan padat di Kota Baru Yogyakarta. Tidak asik jika ngobrol tetapi minuman aku habis, dan akhirnya saya pesan satu gelas es teh lagi. Pada pada dasarnya ia selaku reseller dia mesti bisa mencari produsen/penghasil ternak telur puyuh langsung dari tangan pertama, alasannya adalah kalau dijual dipasaran laba bisa mencapai 6000-8000 rupiah sendiri setiap box nya (kalo tidak salah 1 box yaitu 100 biji), ia mulai memasarkan ke pasar-pasar di kawasan sekitar, sambil mengawasi harga kompetitor, alasannya ganti hari bisa saja harga naik turun tanpa disangka cetus dia.

Selain itu disela-sela kegiatan berjualan angkringan dan juga berjualan telur puyuh, beliau juga memiliki bisnis usaha yang lain adalah pedagang ayam mahir. Biasanya ia tahu acara pasar hewan yang ada di kawasan Jogja, sehingga setiap pasar itu ada (cuma hari tertentu saja) dia eksklusif hunting dan menentukan bibit ayam terbaik, kemudian beliau jual lagi dirumah. Usut punya usut ternyata untungnya malah tidak mengecewakan mampu meraih kisaran 50%-75% dari harga beliau beli. Ketika jualan ayamnya tanpa kendala, dan acuan dari pembeli ke pembeli yang lain mulai banyak, maka dikala pedagang angkringan ini memiliki ayam ahli yang baru, kadang tidak butuh waktu sehari ayam jawaranya telah dibeli oleh orang lain dengan harga ciamik tentunya.

Dari dongeng tersebut yang ingin aku sampaikan dalah bawha bisnis tambahan mampu dilakukan oleh siapa pun dan dimana saja selagi kita leib kreatif dan mampu melihat peluang usaha yang ada di sekitarkita. Semoga kita bisa mengambil sedikit manfaat dari sedikit cuplikan kisah seorang penjualangkringn yang menjajal memperbesar penghasilan dia dengan berdagang telur puyuh dan ayam ahli.

Terima Kasih
Jatilengger TV Assalamu'alaikum wr. wb. Hello, how are you? Introducing us Jatilengger TV. The author, who is still a newbie, was born on January 16, 1989 in Blitar and is still living in the city of Mendoan. About starting this blog, it started with a passion for writing fiction, which eventually had to be written down in a scribble or note to immortalize it. Which is then able to pour ideas on this blog. All of that, of course, really hope to be useful for readers everywhere. I currently work as an entrepreneur in Blitar, East Java. On the sidelines of busyness, I try to write and share through blogs. For cooperation, of course, I really accept forms of cooperation such as: Advertisement, Product Review, Event Collaboration, and others. That's a short profile about myself, I hope you like to visit my blog. Thank you. :) Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 Response to "Kisah Bisnis Sampingan Seorang Pedagang Angkringan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel