Kisah Henry Ford Yang Pernah Membuat Geger Industri Otomotif Dunia



"Aku akan menciptakan mobil untuk semua orang, yang harganya rendah, 
sehingga tak ada yang tak bisa membelinya" 
-Henry Ford


Penggalan kalimat di atas adalah kata-kata yang dilontarkan Henry Ford setahun sebelum meluncurkan kendaraan beroda empat mobil T ciptaannya. Henry Ford ialah seorang pebisnis otomotif asal Amerika Serikat yang mempunyai mimpi untuk membuat mobil versi T yang bisa dijangkau semua golongan.

Meskipun beberapa tahun mengerjakan bisnis otomotif dan senantiasa menghadapi kegagalan, namun Henry Ford adalah sosok yang gigih. Hingga pada tahun 1903 dia mendirikan perusahaan otomotifnya sendiri ialah Ford Motor Company di Michigan.

Pabrik mobil Ford mulanya cuma memproduksi beberapa mobil saja per hari dengan dua sampai tiga orang karyawan. Pada dikala itu, ada lebih dari 50 perusahaan sejenis Ford Motor Company yang juga sama-sama ingin menerima pasar. Para pemodal Henry Ford pun kemudian membujuknya untuk memproduksi mobil untuk kelompok atas saja.

Namun Henry Ford menolak mentah-mentah ide tersebut. Perusahaan yang didirikannya yakni bentuk mimpinya untuk memproduksi mobil bagi semua kalangan. Henry Ford berpikir orang-orang yang melakukan pekerjaan merakit mobil juga harus bisa berbelanja kendaraan beroda empat yang dirakitnya. Sehingga pada minggu sore mereka bisa berlangsung-jalan dengan keluarga mereka. Sungguh sebuah cita-cita yang ndah ya teman.. :)

Tahun 1908, Ford pun mulai merilis kendaraan beroda empat Model T, yang merupakan cikal bakal Henry Ford menjadi Bapak Industri Amerika Abad 20. Mobil Model T ini selain harganya yang rendah juga mempunyai kelebihan gampang dikemudikan, mudah dirawat, dan sanggup melintasi jalan yang berat.

Mobil Model T Henry Ford

Hanya dalam waktu 10 tahun saja, lebih dari separuh mobil yang ada di jalanan Amerika dikala itu yakni mobil model T buatan Ford. Dan sesudah 19 tahun diperkenalkan untuk pertama kali, kendaraan beroda empat model T ini telah sukses terjual lebih dari 15 juta di Amerika saja. Mobil model T ini juga dipasarkan di Inggris dan Kanada dan menjadi primadona di sana. Cita-cita Henry Ford menimbulkan mobil tidak lagi menjadi kendaraan kaum kaya pun tercapai sudah. 

Ada suatu cerita unik di mana Henry Ford sempat menciptakan geger industri otomotif. Pada tahun 1913 Ford memperkenalkan metode assembly line yakni suatu metode ban berjalan. Sistem inimembuat pekerja tidak lagi berkumpul melakukan satu mobil sampai final, melainkan tetap berada di kawasan kerja mereka masing-masing dengan menyertakan unsur-bagian yang melintas di depan mereka.

Saat itu tata cara ini masih termasuk sangat baru dan baru perusahaan Ford sajalah yang menggunakannya. Alhasil sisitem assembly line ini berhasil memotong waktu pengerjaan sebuah kendaraan beroda empat yang mulanya memakan waktu 12 jam, menjadi cuma 93 menit saja.

Makara satu tahun kemudian, Henry Ford pun memutuskan upah minimum 5 dollar per hari di pabriknya, dikala perusahaan lain mengganji karyawannya 2,3 dollar per 9 jam bekerja. Bukan cuma itu, Ford juga memangkas jam kerja karyawannya menjadi 8 jam per hari dengan tata cara 3 shift.

Kebijakannya yang menciptakan ricuh industri otomotif itu pun balasannya menciptakan industri berubah. Orang-orang berbondong-bondong pindah ke kota untuk mencari pekerjaan yang memperlihatkan mereka honor yang cukup dan juga waktu luang. Siapa pun yang datang ke Detroit dan melakukan pekerjaan di perusahaan Ford memiliki arti akan mampu membeli mobil sendiri.

Oh ya ada satu quote yang paling saya suka dari seorang Henry Ford, ini beliau quotenya:


Inspiratif Yaaa...

Jatilengger TV Assalamu'alaikum wr. wb. Hello, how are you? Introducing us Jatilengger TV. The author, who is still a newbie, was born on January 16, 1989 in Blitar and is still living in the city of Mendoan. About starting this blog, it started with a passion for writing fiction, which eventually had to be written down in a scribble or note to immortalize it. Which is then able to pour ideas on this blog. All of that, of course, really hope to be useful for readers everywhere. I currently work as an entrepreneur in Blitar, East Java. On the sidelines of busyness, I try to write and share through blogs. For cooperation, of course, I really accept forms of cooperation such as: Advertisement, Product Review, Event Collaboration, and others. That's a short profile about myself, I hope you like to visit my blog. Thank you. :) Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 Response to "Kisah Henry Ford Yang Pernah Membuat Geger Industri Otomotif Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel