Membuat Nama Bisnis Yang Keren

Walaupun kata William Shakespeare: "Apalah arti suatu nama", namun saya percaya sebuah nama pastilah mempunyai arti yang mendalam. Sebuah nama mampu mengingatkan kita pada seseorang, pada suatu tempat, sebuah momen dan insiden. 

Nah, artikel hari ini akan ngomongin soal nama bisnis. Apa itu nama bisnis? Nama bisnis ya nama yang melekat alias dipakai di bisnis mu. Bisa berupa nama produk (yang tentunya akan memilih posisinya di mata pelanggan), atau mampu juga menyangkut lingkup yang lebih besar yakni perusahaan (yang menyangkut bisnis secara keseluruhan).

Beberapa tahun yang lalu, atau mungkin masih ada di tahun-tahun kini yang masih menggunakan nama bisnis yang agak "tempo doeloe" hehe.. Nama bisnis seperti ini umumnya banyak dipakai oleh usahawan-usahawan zaman orang tua atau kakek nenek kita dahulu. Misalnya nih, nama bisnis mirip:

"Jaya Abadi"

"Maju Bersama"

"Intan Sejahtera"

"Makmur Sentosa Abadi"




Terdengar sungguh sungguh familiar yah.. hehee.. Nah, nama-nama bisnis yang mirip ini "tempo doeloe" maksudnya bahu-membahu tidak salah kok. Saat itu niscaya generasi di atas kita ingin agar bisnisnya berlangsung sebagaimana namanya. Ibarat kata nama=doa. Semacam itulah..

Namun, seiring waktu berlalu #tsahh.. nama-nama tadi buanyyaaaakkk sekali yang pakai. Toko dengan nama "Jaya Abadi" saja contohnya bisa ratusan jumlahnya se-Indonesia. Serius! Kalau sudah begini siapa yang repot coba? Kalau ada konsumen yang tanya atau yang browsing di mbah Google ngetik "Toko Jaya Abadi" terus penelusuran yang keluar banyak banget. Nah lo?!

Syukurlah beberapa tahun dewasa ini sepertinya penggunaan nama bisnis yang unik, berlawanan (baca: keren) sudah mulai banyak dipakai. Nama-nama yang di create anak muda ini kebanyakan fresh, berbeda, unik, dan pastinya satu-satunya.

Apalagi saat ini kan ada keperluan domain, jadi bila ada nama bisnis yang domain (dot com) masih tersedia, wahh..beruntung banget.

Kaskus

Brodo

Evrawood

Zanana

Hijup

Perhatiin deh, namanya singkat-singkat tetapi keren dan udah ngebranding! Kalau kita sebut Brodo, pasti orang pribadi ngeh sepatu. Atau kalau kita ngomongin Evrawood niscaya yang eksklusif terbayang produk tas. 



Terus bagaimana dong caranya agar kita mampu buat nama yang keren untuk bisnis kita? Ok ini ada beberapa kiat yang gampang-mudahan mampu menolong bagaimana caranya menciptakan nama bisnis yang keren bin paten. Cekidot guys.. :)


Pakai Nama Yang Pendek



Yup, seperti contoh-teladan di atas, nama-nama bisnis yang keren itu pendek-pendek guys. Karena apa? Kalau pendek itu namanya lebih gampang dikenang. Kalau namanya gampang dikenang, pelanggan cenderung membuatnya rujukan nomor wahid. 

Contohnya nih, mau beli keripik nih. Terus keinget tuh makan keripik pisang yummy kemarin, "tetapi apa ya mereknya?" (kebetulan mereknya 4 kata gitu keripik "maju kena mundur mentok" hehe). Kan susah ngingetnya. Bayangkan jikalau namanya sesingkat "Zanana" yang merupakan plesetan dari kata "Banana". Oh iya, kemarin keripik "Zanana"! 


Nama Mudah Dituliskan

Selain nama yang pendek dan mudah, nama bisnis juga sebaiknya harus mudah dituliskan. Nah, berhubung kita tinggalnya di Indonesia dan bisnis kita juga banyakan di Indonesia (kecuali ada teman yang bisnisnya telah luar negeri..) seharusnya pakai kata-kata yang orang Indonesia mudah nulisnya. Sebaiknya hindari kata-kata dari bahasa aneh.

Contohnya, ada bisnis namanya Phearsons. Kan sulit gitu ditulisnya. Bisa-mampu yang dengernya jikalau disuruh tulis yang ditulis malah Pirson. Kan gak lucu. Atau jangan juga nama bisnis kayak alayers. Judulnya mau membuatnama bisnis keripik pisang, malah dibentuk nama "Criepiecks Pizzankss" (OMG Tepok Jidat!)


Mampu Memunculkan Kesan 

Nah, kalau ini lebih ke feeling yang jalan kayaknya. Nama yang keren akan mengakibatkan kesan yang sejalan dengan bisnis tersebut. Seperti contohnya nama "Joger" akan menimbulkan kesan sederhana dan usil. Persis sama mirip bisnisnya yakni kaos dengan kata-kata unik. Atau jika kita melihat nama bisnis "Forever 21" yang bergerak di bidang fashion kita pasti pribadi menerima feeling muda. Alias produk-produknya kekinian dan digunakan kawula muda. 




Cari Ketersediaan Nama Domainnya

Nama usahanya udah keren nih, singkat, gampang diucapkan, akibatnya baiklah, terus selanjutnya ialah cek apakah nama tersebut domainnya masih tersedia. Seperti yang kita sudah bahas di atas ya, domain bisnis kan penting banget sekarang ini. Di zaman serba internet ini siapa saja melakukan penelusuran via internet. Dan mesti dipastikan bisnis kita harus standby di sana. Salah satu caranya dengan mempunyai nama domain yang sama dengan nama bisnis kita.

Bila nama bisnis yang telah kita punya tadi sudah ada yang mempunyai lebih dulu. Lebih baik mencari nama lainnya. Apalagi bila itu domain dengan keberadaan dot com. Misalnya, kita kepikiran nama bisnis keren : "Zapaya" sebab mau bisnis keripik pepaya. Eh, pas dicari ternyata nama zapaya.com itu telah ada yang punya. Terus kita paksain dengan beli domain za-pa-ya.com. Saran saya mendingan jangan. Kan gak lucu jika ada yang nanya, alamat websitenya apa? za strip pa strip ya dot com. Ahhhh...

Ok, itu tadi tips-kiat bagaimana menciptakan nama bisnis yang keren untuk bisnis teman. Semoga menolong dan gak kian bingung.
Jatilengger TV Assalamu'alaikum wr. wb. Hello, how are you? Introducing us Jatilengger TV. The author, who is still a newbie, was born on January 16, 1989 in Blitar and is still living in the city of Mendoan. About starting this blog, it started with a passion for writing fiction, which eventually had to be written down in a scribble or note to immortalize it. Which is then able to pour ideas on this blog. All of that, of course, really hope to be useful for readers everywhere. I currently work as an entrepreneur in Blitar, East Java. On the sidelines of busyness, I try to write and share through blogs. For cooperation, of course, I really accept forms of cooperation such as: Advertisement, Product Review, Event Collaboration, and others. That's a short profile about myself, I hope you like to visit my blog. Thank you. :) Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 Response to "Membuat Nama Bisnis Yang Keren"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel