Mau Jadi Entrepreneur? Kamu HARUS KUAT!



Beberapa tahun yang kemudian dikala memulai bisnis sendiri, saya menyadari bahwa keputusan aku untuk menggeluti dunia entrepreneurship amatlah berat. Di dikala sebagian besar sahabat-sobat dan orang-orang di sekeliling menentukan untuk bekerja di perusahaan, saya harus berjibaku merintis bisnis dari nol. Parahnya lagi, yang aku jumpai bukanlah formasi kesuksesan, tapi kegagalan bertubi-tubi yang sukses menghempas saya hingga ke titik terbawah kehidupan.
Kata-kata saya di atas bukanlah suatu karangan, itu sungguh-sungguh terjadi. Nasihat untuk teman-teman atau siapa saja yang ingin menggeluti ke dunia bisnis, harap dikenang, dunia bisnis itu keras, maka tidak ada hal lain yang mampu dilakukan selain: HARUS KUAT!

Kuat di sini mencakup banyak faktor. Kuat dari sisi fisik maupun mental. Dari segi fisik, kau harus kuat sebab dituntut untuk bekerja melebihi jam kerja karyawan kebanyakan. Pernah mendengar dongeng kan, jika owner bisnis itu malah melakukan pekerjaan jauh lebih keras dibandingkan dengan bawahannya.
Kalau ada dongeng owner bisnis yang sudah bisa santai dan jalan-jalan, maka mampu ditentukan beliau telah sukses membangun tata cara dalam usahanya. Bila itu belum dijalankan, maka jangan harap bisa meninggalkan bisnis dan update status di sosmed "bisnis jalan, ownernya jalan-jalan" hehe..
Bisa dibayangkan apalagi kalau bisnis dikerjakan oleh kaum perempuan utamanya seorang ibu rumah tangga, yang dari bangun tidur sampai tidur lagi aneka macam yang mesti dilaksanakan. Maka tak heran fisik yang prima ialah salah satu syarat.

Berikutnya yaitu besar lengan berkuasa secara mental. Yang tadinya tidak pernah berjualan sama sekali, mesti besar lengan berkuasa jualan. Yang masih minder dan aib-malu mesti mampu melawan rasa malunya. Karena kita semua tahu tidak ada yang namanya bisnis tanpa penjualan, entah itu menjual barang maupun jasa.
Saya sendiri dahulu malu sekali jikalau mesti berdagang. Harus nawar-nawarin barang pada orang lain, itu rasanya.. nggak pede, takut ditolak, takut ditertawakan, pokoknya malu sekali rasanya. Tapi sekarang yang ada malah aib-maluin alasannya kerjanya jualan terus hehe.. #jadi curhat

Untuk semua entrepreneur di seluruh Indonesia, yang masih pelajar atau mahasiswa, yang masih bekerja tetapi sudah part time membuka usaha, yang ibu rumah tangga, atau yang sudah buka usaha tetapi masih belum juga mendapatkan kesuksesan, please KUATLAH! Beri motivasi pada diri sendiri, bakar semangat saban hari. Kuatlah! Karena cuma dengan itu mental akan terbangun dari hari ke hari. Menjadi kian sabar, makin berani, dan kian besar lengan berkuasa. Amin.
Jatilengger TV Assalamu'alaikum wr. wb. Hello, how are you? Introducing us Jatilengger TV. The author, who is still a newbie, was born on January 16, 1989 in Blitar and is still living in the city of Mendoan. About starting this blog, it started with a passion for writing fiction, which eventually had to be written down in a scribble or note to immortalize it. Which is then able to pour ideas on this blog. All of that, of course, really hope to be useful for readers everywhere. I currently work as an entrepreneur in Blitar, East Java. On the sidelines of busyness, I try to write and share through blogs. For cooperation, of course, I really accept forms of cooperation such as: Advertisement, Product Review, Event Collaboration, and others. That's a short profile about myself, I hope you like to visit my blog. Thank you. :) Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 Response to "Mau Jadi Entrepreneur? Kamu HARUS KUAT!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel